Jangan Lupa Minggu dan Senin Besok, Puasa Tarwiyah dan Arafah

Puasa Tarwiyah dan Arafah

Jangan Lupa Minggu dan Senin, Puasa Tarwiyah dan Arafah 2021
Minggu dan Senin besok jadwal puasa sunnah tarwiyah dan Arafah
INI Kebumen, KEBUMEN - Pemerintah telah menetapkan Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriyah jatuh pada 20 Juli 2021 mendatang. Sebelumnya, Umat Islam disunnahkan untuk berpuasa Tarwiyah dan Arafah.

Adapun jadwal puasa Tarwiyah dan Arafah 2021 menurut perhitungan kalender Masehi bertepatan dengan tanggal 18 Juli 2021 dan 19 Juli 2021.

Puasa Tarwiyah dilaksanakan pada 8 Dzulhijjah. Mengutip laman resmi Nahdlatul Ulama, hal ini merujuk pada satu hadis yang memiliki arti bahwa puasa pada hari Tarwiyah menghapuskan dosa satu tahun dan puasa pada hari Arafah menghapuskan dosa dua tahun.

Hadis tersebut disebut dhaif atau kurang kuat riwayatnya. Namun para ulama mempersilakan untuk tetap berpuasa karena ada hadis Nabi Muhammad lainnya yang menyatakan jika sepuluh hari pertama Dzulhijjah adalah hari-hari yang istimewa.

Sementara, Puasa Arafah adalah puasa sunah yang dilakukan pada 9 Dzulhijjah bertepatan saat jemaah haji sedang melakukan wukuf atau sehari sebelum Idul Adha. 

Melansir dari laman Dompet Dhuafa, keutamaan melaksanakan ibadah ini antara lain: memperoleh pahala yang besar dan cinta dari Allah SWT dan menghapus dosa.

Mengutip laman NU.or.id, dalam hadis yang diriwayatkan Imam Muslim, Nabi Muhammad SAW bersabda "Puasa hari Arafah dapat menghapuskan dosa dua tahun yang telah lepas dan akan datang, dan puasa Asyura (tanggal 10 Muharram) menghapuskan dosa setahun yang lepas".(*)

Powered by Blogger.