Mahasiswa IPB University Kenalkan Koperasi pada Anak-anak Lewat Permainan - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Mahasiswa IPB University Kenalkan Koperasi pada Anak-anak Lewat Permainan

Kepala SDN Babadsari, Rajiman, mendukung penuh program tersebut.

Mahasiswa IPB University Kenalkan Koperasi pada Anak-anak Lewat Permainan
Mahasiswa IPB University saat mengenalkan koperasi ke anak-anak
INI Kebumen, KUTOWINANGUN - Rendahnya angka koperasi di Indonesia dari tahun ke tahun membuat beberapa mahasiswa IPB  membuat terobosan baru. Yakni dengan menciptakan sebuah permainan edukasi yang bernama Multiplayer Cooperation Game (MCG). 

Permainan ini bertujuan untuk mengenalkan pengetahuan dasar koperasi pada anak-anak SD dengan metode learning by playing. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan Pekan Kreativias Mahasiswa bidang Pengabdian Masyarakat yang diselenggarakan oleh Dikti. 

Kegiatan pengenalan koperasi melalui permainan edukasi oleh mahasiswa IPB dimulai dari awal Juni sampai awal Agustus 2021 dengan metode Hybrid

Meski masih suasana pandemi Covid-19 pada pelaksanaan luring program dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat. Serta perizinan dari Kepala Desa Babadsari Kecamatan Kutowinangun, Kepala Sekolah dan Wali Murid

Ketua Tim Permainan Edukasi MCG Fikri, menjelaskan adanya permainan MCG ini diharapkan mampu membuat anak-anak mengenal koperasi dan mengamalkannnya dalam kehidupan sehari-hari. 

"Target utama dalam menjalankan permainan ini yaitu siswa kelas 3-6," ujar Fikri.

Menurutnya, MCG yang dijalankan dengan metode learning by playing sangat tepat diterapkan pada anak-anak. Sebab dalam hal ini mereka dapat belajar sambil bermain. Sehingga pelajaran yang ada dalam permainan tersebut lebih mudah dipaham dan diterima oleh anak-anak.

Kepala SDN Babadsari, Rajiman, mendukung penuh program tersebut. Pihaknya berharap anak-anak dapat mengenal lebih dini tentang koperasi.

"Nantinya setelah program ini selesai akan ada wujud nyata koperasi sebagai sarana bagi anak-anak dalam mengamalkan nilai-nilai koperasi di kehidupan sehari-hari," kata dia.(*)

Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>