Kebumen Pertahankan Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya 2020 - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Kebumen Pertahankan Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya 2020

Sukses Tingkatkan Kesetaraan Gender, Kebumen Raih Penghargaan APE 2020 

Kebumen Pertahankan Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya 2020
Kebumen kembali raih penghargaan APE 2020
INI Kebumen KEBUMEN - Pemerintah Kabupaten Kebumen kembali meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2020 Kategori Utama. Penghargaan ini diterima dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak atau Kemen PPPA.

Pemberian penghargaan berlangsung secara daring yang diikuti oleh para menteri, kepala daerah dari tingkat provinsi dan kabupaten/kota, di Gedung F Kantor Bupati Kebumen, Rabu, 13 Oktober 2021.

Bupati menyampaikan, penghargaan ini merupakan bentuk nyata dari kerja keras dari pemerintah kabupaten Kebumen untuk mewujudkan kesetaraan Gender. Perempuan kata Bupati, harus diberikan peran lebih luas di ranah publik, atau dibelbagai kegiatan sosial.

"Pemerataan gender di tingkat ASN juga sudah saya lakukan. Misalnya untuk pengangkatan jabatan eselon II sudah ada lima orang, eselon III untuk camat juga sudah ada lima orang. Kemudian lurah juga sudah ada tiga orang," ujar Bupati.

Upaya pemerintah untuk mendukung pengarustamaan gender juga diwujudkan dalam belbagai kebijakan. Seperti halnya dikeluarkannya Peraturan Daerah (Perda) No 1 Tahun 2015 tentang Pengarustamaan Gender. Lalu ada juga Perda Perlindungan Anak No 3 Tahun 2013.

"Ada juga Perda tentang ASI eksklusif, Perda tentang disabilitas dan Perda kawasan bebas rokok. Semua ini tentu dalam upaya mendukung kesetaraan Gender di Kebumen dengan melindungi hak-hak perempuan," tutur Bupati.

Bupati berharap upaya dan kerja keras pemerintah dalam mendukung pengarustamaan gender terus ditingkatkan. Agar ke depan Kebumen bisa naik lagi meraih penghargaan Parahita Ekapraya (APE) untuk tingkat paling tinggi, yakni Mentor.

"Untuk mendukung dan mewujudkan kesetaraan gender kita juga melibatkan masyarakat, dunia usaha, Ormas dan dunia pendidikan tinggi di Kebumen. Kita mereka turut serta memberikan wadah dan pelatihan dalam hal reward perempuan," terang Bupati.

Kabid PPPA Dispermades P3A Kebumen Marlina Indrianingrum, mengatakan dalam penghargaan ini ada sejumlah tingkatan, yakni Pratama, madya, utama, mentor. Dari 35 kabupaten/kota di Jateng, hanya ada 12 kabupaten/kota yang dapat penghargaan tingkat utama.

"Alhamdulillah dua kali berturut-turut Kebumen selalu dapat Utama. Keuntungan dari penghargaan ini apa, kita selalu mendapat Dana Alokasi Khusus (DAK)  dari pusat sebagai reward. Tahun 2021 di Jateng hanya ada 25 kab/kota yang dapat DAK, kemudian 2022 hanya 15 kab/kota. Ini yang patut kita syukuri," tandasnya. (*)

Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>