TP PKK Desa Roworejo Gelar Pelatihan Pemulasara Jenazah

Anisah menjadi Ketua TP PKK, seiring pelantikan suaminya, Maksum Subehi sebagai  Kepala Desa Roworejo, pada 8 Agustus 2019. 

TP PKK Desa Roworejo Gelar Pelatihan Pemulasara Jenazah
Peserta pelatihan pemulasara jenazah
INI Kebumen KEBUMEN - Tim Penggerak Pembinaan dan Pemberdayaan Keluarga (TP PKK) Desa Roworejo, Kecamatan Kebumen, mengadakan Pelatihan Pemulasara Jenazah, Jumat, 22 Oktober 2021. 

Kegiatan yang digelar di Balai Desa setempat. itu merupakan program dari Kelompok Kerja (Pokja) I yang membidangi  Penghayatan dan Pengamalan Pancasila serta gotong royong.

Pelatihan diikuti 40 orang peserta. Meliputi pendamping desa, ketua RT/RW, bidan desa dan warga yang berminat. Sebagai narasumber adalah Titin Nur Rohmah dan Yuniati Zainul Khasanah dari Pokja I TP PKK Kecamatan Kebumen.

Ketua TP PKK Desa Roworejo, Anisah, tak mampu mengungkapkan kegembiraannya dengan kata-kata. Dalam sambutannya Anisah hanya memperkenalkan diri, karena semenjak dirinya menjadi Ketua TP PKK Desa Roworejo, baru kali ini bisa menyelenggarakan kegiatan. 

Anisah menjadi Ketua TP PKK, seiring pelantikan suaminya, Maksum Subehi sebagai  Kepala Desa Roworejo, pada 8 Agustus 2019. 

Ketua TP PKK Kecamatan Kebumen, Tri Haryani, yang juga hadir memberikan sambutan singkat. Pihaknya berharap kegiatan Pokja I TP PKK bisa menambah ilmu dan bermanfaat bagi para peserta.

Yuniati Zainul Khasanah sebagai narasumber menjelaskan bahwa pemulasaraan jenazah merupakan fardhu kifayah. Yakni kewajiban kolektif dalam setiap komunitas orang Islam.

"Fardhu kifayah harus dilaksanakan oleh seorang atau sekelompok orang dalam suatu komunitas," kata Yuniati.

Ditambahkan Yuniati, melalui pelatihan ini paling tidak peserta jadi tahu, apa yang harus dilakukan keluarga jenazah.

"Karena selama ini di Desa Roworejo penanganan jenazah sudah sesuai prosedur apabila ada warga yang meninggal," ujarnya.

Narasumber lainnya, Titin Nur Rohmah mengapresiasi telah dibentuknya Rukun Kematian di Desa Roworejo.

"Pembentukan Rukun Kematian bertujuan agar apabila ada warga yang wafat cepat tertangani," jelasnya. 

Ditegaskan Titin, dalam kaitannya dengan program TP PKK Desa, maka keberadaan Rukun Kematian menjadi salah satu sarana pemenuhan administrasi Pokja I.(*)

Powered by Blogger.