Mulai Hari ini, Buang Air di Toilet SPBU Gratis

Yang jadi persoalan, menurut Atok, saat ini banyak SPBU yang toiletnya dipihak ketigakan.

Mulai Hari ini, Buang Air di Toilet SPBU Gratis
Buang air di toilet SPBU Panjer Kebumen gratis mulai hari ini.
INI Kebumen KEBUMEN - Mulai hari ini, buang air di toilet  Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) milik Pertamina gratis. 

Kebijakan ini dilakukan atas permintaan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Seperti di SPBU 44.543.05 Jalan Kutoarjo No 2 Kebumen, pengelola telah memasang tulisan bertuliskan "Toilet Gratis".

Ketua DPC Hiswana Migas Kedu, Sutarto Murti Utomo, mengatakan layanan tersebut  secara efektif  mulai Selasa, 23 November 2021. Sebab, secara aturan toilet dan musala merupakan fasilitas umum dari SPBU.  

"Secara harfiahnya kan memang fasilitas umum gratis," kata pria yang juga Sekretaris Hiswana Migas Jawa Tengah ini, Senin, pagi.

Terkait biaya perawatan, lanjut dia, sekarang menjadi beban pemilik SPBU tersebut. Jika sebelumnya diambil dari hasil pungutan jasa toilet. 

"Itu sudah jadi konsekuensi kita pengusaha SPBU," tutur pria yang akrab disapa Atok ini.

Yang jadi persoalan, menurut Atok, saat ini banyak SPBU yang toiletnya dipihak ketigakan. Sehingga dengan adanya aturan itu pihaknya masih mencari jalan keluar yang terbaik. Selain berefek pada masalah keuangan,  juga pada masalah pengelola tiolet.

"Bisa jadi akan melahirkan pengangguran baru. Soale sudah banyak SPBU yang tioletnya di kerjakan pihak ketiga. Untuk itu kami berharap semua pihak lebih arif dalam menyikapi masalah ini," tandasnya.

Erick Thohir Minta Toilet di Seluruh SPBU Pertamina Gratis

Mulai Hari ini, Buang Air di Toilet SPBU Gratis
Tulisan "Tolite Gratis" di SPBU Panjer Kebumen.
Sebelumnya viral, Menteri Erick Thohir meminta seluruh toilet yang ada di SPBU Pertamina gratis bagi masyarakat. Erick menyampaikan permintaan ini setelah mengunjungi SPBU di Kecamatan Malasan, Probolinggo, Jawa Timur.

Dalam sebuah video yang diunggah di akun Instagramnya, 22 November 2021, Erick tampak berbincang dengan penjaga toilet di SPBU tersebut.

"Kalau yang mau pakai bayar Rp2 ribu kalau kencing dan mandi Rp4 ribu. Kenapa enggak gratis ini? Kan ini fasilitas umum," kata Erick kepada penjaga toilet di SPBU tersebut.

Penjaga toilet tersebut mengaku tidak tahu karena hanya ditugaskan oleh pengelola SPBU yang merupakan pihak swasta.

Erick pun meminta direksi Pertamina untuk menggratiskan toilet di seluruh jaringan SPBU Pertamina.

"Kepada direksi Pertamina saya mengharapkan fasilitas umum seperti ini harusnya gratis. Karena kan sudah dapat dari jualan bensin. Sudah gitu, ada juga toko kelontong. Jadi, masyarakat mestinya mendapatkan fasilitas tambahan," kata Erick.

Erick juga menyebut peraturan ini semestinya berlaku pada seluruh SPBU Pertamina, termasuk yang dikelola swasta.

"Saya minta direksi Pertamina harus perbaiki. Dan saya minta nanti seluruh kerja sama dengan pom bensin swasta yang di bawah Pertamina toiletnya enggak boleh bayar harus gratis," tutur Erick.(*)

Powered by Blogger.