Tak Semua Perusahaan Terdampak Pandemi, Ganjar Akan Kaji UMP Ganda - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Tak Semua Perusahaan Terdampak Pandemi, Ganjar Akan Kaji UMP Ganda

Untuk itu, jika UMP dipukul rata, menurutnya pasti ada yang kuat dan ada yang tidak.

Tak Semua Perusahaan Terdampak Pandemi, Ganjar Akan Kaji UMP Ganda
Ganjar mengatakan akan kaji UMP ganda saat menerima KSBSI Jawa Tengah.
INI Kebumen SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sedang mengkaji penetapan Upah Minimum Provinsi (UMP) tahun depan dengan formula UMP ganda. Formula itu dianggap paling tepat di tengah kondisi ekonomi yang tergoncang pasca pandemi. 

Hal itu disampaikan Gubernur usai menemui Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) Jawa Tengah di kantornya, Jumat, 19 November 2021.

Ganjar mengatakan, pihaknya sudah berdiskusi dengan kalangan pengusaha, buruh dan pihak terkait untuk memantapkan formula itu. 

"UMP itu rumusnya sudah pakem di Peraturan Pemerintah (PP). Karena sudah pakem, maka sebenarnya kita tinggal teken saja karena seluruh formula sudah ada di sana. Hanya kalau pakai UMP, menurut saya ini tidak adil," katanya. 

Dari diskusi yang dilakukan Ganjar dengan sejumlah pihak itu, ia menemukan fakta bahwa ada perusahaan yang terdampak karena pandemi, namun ada juga yang tidak. Untuk itu, jika UMP dipukul rata, menurutnya pasti ada yang kuat dan ada yang tidak. 

"Kalau dipukul rata, ada yang tenang-tenang saja, tapi ada juga yang keberatan. Maka kami sedang lakukan kajian, mungkin tidak kita membuat formula semacam UMP ganda," jelasnya. 

"Jadi mereka yang terdampak ditetapkan aturan UMP sesuai formula PP, tapi yang tidak terdampak kenapa tidak meningkatkan jauh lebih tinggi. Sehingga dapat dua-duanya (yang terdampak dan tidak)," sambung Ganjar.

Sekertaris Korwil KSBSI Jawa Tengah, Toto Susilo usai bertemu Gubernur, mengaku sangat sepakat dengan rencana penerapan UMP ganda atau yang mereka sebut dengan upah sektoral. Hal ini karena menurut mereka, tidak semua perusahaan di Jawa Tengah mengalami kerugian saat pandemi terjadi. 

"Banyak perusahaan justru maju, membuka kantor cabang, menambah karyawan dan meningkatkan produktivitas. Artinya, tidak tepat bahwa pandemi menjadi alasan tidak menaikkan upah buruh," katanya. 

Memahami kondisi itu, Gubernur mengatakan saat ini memang sedang terjadi anomali di sektor ekonomi pasca pandemi. Sehingga, aturan terkait ketenagakerjaan diharapkan lebih luwes mengikuti perkembangan. 

"Kalau diizinkan, kita akan buat formula UMP ganda. Sehingga kalau nanti normal lagi, umpama tahun 2022 ke 2023 nanti bisa diperbaiki untuk sama lagi. Sekarang sedang kami kaji, kami klaster mungkin tidak membuat aturan itu (UMP Ganda). Karena kalau tidak menggunakan formula itu, kita sudah tahu angka kita (UMR). Rendah banget itu," tegasnya. 

Selain UMP ganda, Ganjar juga mendorong semua perusahaan menerapkan struktur skala upah di masing-masing tempat kerja. Bagi karyawan yang sudah bekerja di atas satu tahun, maka harus disesuaikan gajinya. 

"UMP kan hanya untuk pekerja dengan masa kerja setahun ke bawah. Maka saya minta perusahaan wajib menerapkan aturan struktur skala upah bagi mereka yang sudah bekerja di atas setahun. Kami sudah diskusi dengan pengusaha dan mereka yang mampu siap menaikkan tinggi juga. Tinggal kita sepakati di formula saja. Menurut saya ini lebih fair," pungkasnya.(*)

Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>