Wakili Jawa Tengah, Bunda PAUD Desa Logede Maju Tingkat Nasional

Bunda PAUD Desa Logede Siapkan Program Unggulan untuk Maju ke Tingkat Nasional

Wakili Jawa Tengah, Bunda PAUD Desa Logede Maju Tingkat Nasional
Bunda PAUD Desa Logede, saat bercengkerama dengan anak-anak.
INI Kebumen PEJAGOAN - Bunda PAUD Desa Logede Ratna Desita L SPd akan maju ke tingkat nasional Apresiasi Bunda PAUD Desa, mewakili Jawa Tengah.

Sebelumnya Ratna Desita berhasil menjadi Juara I Apresiasi Bunda PAUD Desa tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Pada Sabtu, 13 November 2021 di Balai Desa Logede, Kecamatan Pejagoan dilakukan kegiatan untuk persiapan menghadapi Apresiasi Bunda PAUD Desa tingkat nasional. 

Hadir sebagai narasumber Kasi PAUD Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen Endang Widuri dan Ketua Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) Kabupaten Kebumen, Lina Eka Sari SPd AUD.

Dalam kesempatan tersebut Endang Widuri mengingatkan kembali tentang peran Bunda PAUD Desa.

"Bunda PAUD Desa berperan dalam menggerakkan pendidikan anak usia dini di desa. Memastikan bahwa kebutuhan dasar anak tercukupi di layanan PAUD, seperti kesehatan, gizi,  pengasuhan, pembelajaran dan perlindungan," katanya.

Sedangkan Lina berharap Bunda PAUD Desa Logede bisa berprestasi di tingkat nasional. Sehingga bisa menginspirasi Bunda PAUD Desa lainnya di Kabupaten Kebumen dalam memberikan layanan PAUD yang berkualitas.

"Sebagai nara sumber saya bertugas memberi motivasi kepada para TPK (Tenaga Pendidik dan Kependidikan) PAUD untuk meningkatkan lembaganya agar lebih berkualitas," jelasnya usai kegiatan.

Terkait keberhasilan yang diraih istrinya, Kepala Desa Logede Imdad Durokhman SE, berharap memberi manfaat.

"Yang jelas kemanfaatannya yang kami harapkan. Terobosan yang dilakukan pada PAUD di desa kami sudah dirasakan. Mudah-mudahan bisa menginspirasi PAUD desa lainnya. Yang baik-baik monggo kalau bisa diikuti," ujar Imdad.

Ratna Desita sebagai Bunda PAUD Desa Logede, memiliki pandangan bahwa pendidikan anak usia dini menjadi suatu hal yang tak bisa disepelekan.

"Harus mendapat perhatian penuh, sehingga Desa Logede bisa menjadi desa yang ramah anak," katanya menekankan.

Terkait persiapannya menghadapi kegiatan tingkat nasional, Ratna memaparkan program unggulannya.

"Ada beberapa program yang kami rencanakan, yaitu Semarak, Kejora dan Kebun Pangan Lestari," paparnya.

Dijelaskan Ratna, Semarak adalah Sekolah Emak Mengasuh Anak. Kegiatan tersebut memberikan bekal pengasuhan kepada emak-emak, khususnya para wali anak usia dini, agar mendapat bekal mengasuh yang baik.

Sedangkan Kejora adalah Kelompok Belajar Ceria, yang diadakan tiap hari Minggu, dengan memberi kegiatan-kegiatan yang menarik, agar bisa mengalihkan anak-anak dari gadget.

Selanjutnya melalui Kebun Pangan Lestari, emak-emak didorong untuk memanfaatkan pekarangan agar bisa menjadi sumber pangan dan gizi keluarga. Harapannya bisa mencegah stunting dan memenuhi gizi anak.

Ratna berterus terang kalau tidak menyangka bisa menang dalam Apresiasi Bunda PAUD Desa tingkat Jawa Tengah.

"Ini menjadi amanah yang berat tapi juga sebuah tanggung jawab agar lebih memperhatikan anak usia dini. Semoga bisa membawa kebaikan bagi Desa Logede dan Kabupaten Kebumen," pungkasnya.(*)

Powered by Blogger.