Lolos Program SIB 2022, Sembilan Mahasiswa UPB Kebumen Bakal Magang di Luar Kampus Satu Semester

Sembilan Mahasiswa UPB Kebumen Lolos Program Studi Independen Bersertifikat 2022 

Lolos Program SIB 2022, Sembilan Mahasiswa UPB Kebumen Bakal Magang di Luar Kampus Satu Semester
Lolos Program SIB 2022, Sembilan Mahasiswa UPB Kebumen Bakal Magang di Luar Kampus Satu Semester
INI KEBUMEN - Sebanyak sembilan mahasiswa Universitas Putra Bangsa berhasil lolos program Studi Independen Bersertifikat (SIB) Kampus Merdeka tahun 2022.

Program SIB merupakan bagian dari program unggulan Kampus Merdeka Kemendikbudristek yang diselenggarakan bekerjasama dengan mitra-mitra profesional.

Selama kurang lebih satu semester mahasiswa akan dibekali dengan kompetensi spesifik dan praktis yang dicari oleh dunia usaha dunia industri. 

Sebelumnya, mahasiswa telah mengikuti proses seleksi nasional pada Desember 2021 hingga Januari 2022. Mereka bersaing dengan mahasiswa dari perguruan tinggi se Indonesia.

Dalam program SIB ini kesembilan mahasiswa UPB tersebut akan didampingi oleh mentor dari Microsoft Teams, PT Lentera Bangsa Benderang (Binar Academy), PT Orbit Ventura Indonesia, PT Zona Edukasi Nusantara/Zenius.

Wakil Rektor I Universitas Putra Bangsa, Ika Neni Kristanti SE MSc (Dr Cand) mengatakan, program Studi Independen Bersertifikat (SIB) merupakan program pemerintah untuk menjembatani kompetensi mahasiswa dengan kebutuhan dunia industri.

"Studi Independen adalah program Kampus Merdeka yang memungkinkan mahasiswa belajar dan beraktivitas di luar kelas perkuliahan, namun tetap diakui sebagai bagian dari perkuliahan," papar Ika.

Ika menjelaskan Program Studi Independen diperuntukkan bagi mahasiswa yang ingin melengkapi diri dengan kompetensi-kompetensi spesifik dan praktis yang juga dicari dunia usaha dan dunia industri. "

Mulai dari data analysis sampai manajemen bisnis," ujar Ika, yang merupakan koordinator program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

PIC Program Magang dan Studi Independent UPB Dr Irfan Helmy SE MM, menambahkan bahwa program ini merupakan program yang mampu meningkatkan pengalaman dan skill mahasiswa.

Menurutnya, program ini akan memberikan pembelajaran yang luar biasa bagi mahasiswa. Hal ini karena selama kurang lebih satu semester mereka akan belajar langsung dari para mentor dari dunia usaha dunia industri.

"Tentunya mahasiswa juga akan mendapatkan tambahan kompetensi baik hard skills maupun softskill yang sangat dibutuhkan saat menghadapi persaingan kerja," terang Irfan.

Adapun kesembilan mahasiswa UPB yang lolos Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB), yaitu Puji Lestari (Product Management
PT Lentera Bangsa Benderang (Binar Academy). Rizka Nur Aulia (Information Worker Track Microsoft Teams), Muhamad Nur Faizin (Foundations of AI and Life Skills for Gen-Z PT Orbit Ventura Indonesia)

Kemudian, Dzulfiqor Azhar (Product Management PT Zona Edukasi Nusantara (Zenius), Neisca Amarthya Dewi (Information Worker Track Microsoft Teams), Vani Eka Saputri (Digital Sales Transformation and Business Development PT Zona Edukasi Nusantara (Zenius).

Selanjutnya, Fatcha Nurjanah (Data Werehousing, Analysis, and Visualization for Business Insights PT Zona Edukasi Nusantara (Zenius).

Ahmad Najmudin (Social Media Content Creation for Modern Businesses PT Zona Edukasi Nusantara (Zenius) dan M Komarudin (Accelerated Social Media PT Zona Edukasi Nusantara (Zenius).(*)

Powered by Blogger.