Gelar Acara Bimtek Kehumasan, Bupati Kebumen: Kita Butuh Media untuk Alat Koreksi - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Gelar Acara Bimtek Kehumasan, Bupati Kebumen: Kita Butuh Media untuk Alat Koreksi

Gelar Acara Bimtek Kehumasan, Bupati Kebumen: Kita Butuh Media untuk Alat Koreksi
Gelar Acara Bimtek Kehumasan, Bupati Kebumen: Kita Butuh Media untuk Alat Koreksi

INI KEBUMEN - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kebumen menggelar Bimbingan Teknis Kehumasan bagi Jurnalis dan ASN Diskominfo yang berlangsung di Griya Persada Hotel Kaliurang, Sleman, Yogyakarta pada Jumat 21 Oktober 2022.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Bupati Kebumen Arif Sugiyanto SH, Sekda Kebumen Ahmad Ujang Sugiono SH, serta Kepala Diskominfo Kebumen Drs Budhi Suwanto MSi.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada insan pers yang selama ini telah ikut serta dalam mengawal proses pembangunan di Kebumen. Sehingga pembangunan menjadi terarah.

"Saya kira ini merupakan pertemuan yang bagus, selama ini sinergi antara pemerintah dan pers berjalan cukup sehat, sebagai fungsi kontrol insan pers di Kebumen sudah menjalankan tugasnya dengan baik dalam mengawal proses pembangunan di Kebumen," ujar Bupati.

Bupati menyatakan, pihaknya tidak membatasi insan pers dalam melakukan peliputan. Pihaknya menjamin sebuah kebebasan demokrasi di Kebumen. Bahkan Bupati mempersilakan bila ada kejanggalan dalam setiap program pemerintah untuk diberitakan.

"Silakan misalnya ada sesuatu yang dianggap tidak beres dalam pelaksanaan program di pemerintahan ada dugaan penyalahgunaan, silakan diberitakan. Jadi tidak melulu membicarakan yang manis, kalau itu untuk kebaikan Kebumen, kita siap dikoreksi," ucap Bupati.

Sementara itu, acara Bimtek ini juga menghadirkan dua narasumber yakni Nyarwi Ahmad PhD dan Sihono HT MSi. Adapun materi yang disampaikan oleh Nyarwi Ahmad adalah Komunikasi Publik Pemerintah di Era Digital.

Menurut Nyarwi Ahmad yang merupakan dosen Ilmu Komunikasi Fisipol UGM, media dapat berfungsi sebagai panggung komunikasi publik dan aktor dalam komunikasi publik.

“Tidak ada persepsi yang sama di tengah masyarakat, maka dari itu media dapat menjadi aktor dalam menjalankan komunikasi publik. Selain itu, di era digital seperti sekarang ini tantangan komunikasi publik cukup beragam,” ujar Nyarwi Ahmad.

Tantangan yang dimaksud di antaranya komunikasi publik untuk antisipasi hoax dan fake news, antisipasi menguatnya polarisasi politik dan konflik sosial, serta antisipasi munculnya distrust dalam proses penyelenggaraan pemilu.

Selain itu, menurut Nyarwi Ahmad, dalam komunikasi publik seperti sekarang ini peran konten creator lebih dominan.

“Kita perlu melihat dengan cara pandang yang berbeda, baik dari sisi dalam maupun luar tergantung strategi komunikasi yang diambil. Saya berharap kepada jurnalis agar dapat mengimbangi maraknya podcasters, youtubers, dan lainnya,” kata Nyarwi Ahmad.

Sedangkan penyampaian materi oleh narasumber berikutnya, Sihono, yaitu Mendesain Kemitraan antara Dinas Kominfo Kebumen dan Media.

Menurut Sihono yang merupakan founder Wiradesa Group, desain thingking merupakan inovasi berbasis manusia (human centris). Dari inovasi tersebut, terbagi menjadi tiga nilai yaitu empati, kolaborasi, dan eksperimentasi.

“Berelasi itu memahami, bukan dipahami. Jika ingin relasi itu terjalin baik, maka pihak yang berelasi harus saling memahami satu sama lainnya,” tandas Sihono.(*)

Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>