AWS Latih Santri Ponpes Al Falah Sumberadi Kebumen Cara Bikin Website, Jadi Pilot Project Kemendikbud - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

AWS Latih Santri Ponpes Al Falah Sumberadi Kebumen Cara Bikin Website, Jadi Pilot Project Kemendikbud

AWS Latih Santri Ponpes Al Falah Sumberadi Kebumen Cara Bikin Website, Jadi Pilot Project Kemendikbud
AWS Latih Santri Ponpes Al Falah Sumberadi Kebumen Cara Bikin Website, Jadi Pilot Project Kemendikbud 

KEBUMEN - Santri Pondok Pesantren Al Falah Somalangu Desa Sumberadi, Kebumen, dilatih cara membuat website selama dua hari.  

Pelatihan yang melibatkan Amazon Web Services (AWS) ini digelar oleh Indonesia Maju Foundation (IMF) di Ponpes Al Falah Somalangu Sumberadi, Kebumen, Rabu dan Kamis, 3-4 Mei 2023.

Bahkan, pelatihan di Pondok Pesantren Al Falah Somalangu ini menjadi pilot project program di Kemendikbud Ristek. Khususnya di lingkungan pondok pesantren.

Pembina Pondok Pesantren Al Falah Sumberadi Kebumen, Muhamad Erfan Apriyanto, mengatakan pada tahap pertama santri Ponpes Al Falah Sumberadi dilatih cara membuat website. Mulai dari cara membuat coding hingga membuat aplikasi daring.

"Al Falah akan menjadi pilot project dari Kementerian Pendidikan. Di mana lembaga pesantren yang lebih mengikuti perkembangan zaman, jadi agama tetap jalan, soft skill mereka juga tetap terbangun," kata Erfan.

Menurut Erfan, pelatihan yang melibatkan AWS tersebut merupakan pelatihan tahap pertama. Selanjutnya, para santri akan pendampingan lanjutan.

"Pada Agustus mereka akan mempresentasikan apa yang mereka buat, proyek yang mereka buat. Baik aplikasi, website maupun robotik," terangnya.

Kemudian, lanjut Erfan, setelah selesai dari pelatihan para peserta akan mendapat sertfikat yang berlaku internasional.

"Anak-anak ini akan dibekali kredit berupa uang dolar, tapi tidak bisa diuangkan. Hanya bisa ditukarkan dengan pelatihan di Amazone (AWS) yang disubsidi oleh Indonesia Maju Foundation," imbuhnya.

Pihaknya berharap dengan pelatihan tersebut para santri Ponpes Al Falah Sumberadi Kebumen akan memiliki bekal ketrampilan yang memadai.(*)

Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>