Forkopimda Kabupaten Kebumen Tanam Mangrove di Pesisir Selatan Mirit, Ini Tujuannya - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Forkopimda Kabupaten Kebumen Tanam Mangrove di Pesisir Selatan Mirit, Ini Tujuannya

Forkopimda Kabupaten Kebumen Tanam Mangrove di Pesisir Selatan Mirit, Ini Tujuannya
Kapolres Kebumen saat melakukan penanaman mangrove di Pesisir Mirit.
KEBUMEN - Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Kebumen melakukan penanaman mangrove di Pantai Lembupurwo, Kecamatan Mirit, Kabupaten Kebumen, Senin, 15 Mei 2023.

Penanaman mangrove secara simbolis dilakukan Dandim 0709 Kebumen Letkol Czi Ardianta Purwandhana, Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin, perwakilan dinas terkait, serta para Muspika Kecamatan Mirit.

Dandim 0709 Kebumen saat memimpin kegiatan penanaman menjelaskan total lahan yang ditanami 800 meter persegi.

"Ditanami mangrove dengan luas (lahan) 800 meter persegi, dengan total 1.200 mangrove. Ini merupakan pencanangan penanaman bibit mangrove oleh Bapak Presiden, yang di mulai hari ini," jelas Letkol Czi Ardianta Purwandhana.

Selanjutnya Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin menambahkan, penanaman mangrove diharapkan dapat menaga kelestarian alam sehingga mampu mencegah abrasi, keberlangsungan ekosistem di sekitar hutan mangrove.

Diungkapkan Kapolres, penanaman mangrove bukan hanya dilakukan kali ini saja, tapi juga akan dilaksanakan secara berkesinambungan di wilayah pesisir Kebumen.

"Kabupaten Kebumen memiliki 57,5 Km, sehingga kedepan secara bertahap akan kita lakukan penanaman mangrove," jelas Kapolres Kebumen.

Manfaat melestarikan mangrove  bisa membuat lingkungan sekitarnya jadi lebih sehat. Diantaranya kualitas air dan udara jadi lebih bersih dan sehat, karena mampu menjadi filter air dan udara yang kurang bersih.

Kini yang dapat dipetik hasilnya oleh Kabupaten Kebumen, wisata Hutan Mangrove Muara Kali Ijo mulai diminati oleh wisatawan dan menjadi sumber bahan gula nipah.(*)

Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>