Ini Rangkaian Kegiatan HUT RI ke-78 dan Hari Jadi ke-394 Kabupaten Kebumen: Jamasan Pusaka hingga Karnaval - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Ini Rangkaian Kegiatan HUT RI ke-78 dan Hari Jadi ke-394 Kabupaten Kebumen: Jamasan Pusaka hingga Karnaval

Ini Rangkaian Kegiatan HUT RI ke-78 dan Hari Jadi ke-394 Kabupaten Kebumen: Jamasan Pusaka hingga Karnaval
HUT RI ke-78 dan Hari Jadi ke-394 Kabupaten Kebumen. (Foto: Dok/IniKebumen)

INIKEBUMEN.net - HUT RI ke-78 dan Hari Jadi ke-394 Kabupaten Kebumen akan berlangsung meriah. Sebab, beragam kegiatan akan digelar

Rangkaian kegiatan peringatan HUT RI ke-78 di Kebumen di antaranya pengukuhan Paskibraka, renungan suci malam 17 Agustus, mendengarkan Pidato Presiden dan upacara.

Kemudian ada pertunjukan wayang golek menak Kebumen yang akan digelar sebelum upacara penurunan bendera.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, mengatakan pada saat upacara 17 Agustus, nantinya bukan hanya diikuti ASN, tapi juga masyarakat dari kelompok tani dan peternak.

Sebab, pada acara itu, Pemkab Kebumen akan membagikan bantuan ratusan alat dan mesin pertanian (Alsintan) dan hewan ternak, sapi dan kambing.

"Ada ratusan Alsintan dan hewan ternak yang akan kita bagikan, jadi nanti para petani dan peternak juga ikut dalam upacara kemerdekaan bersama, supaya menumbuhkan semangat perjuangan para petani," terangnya.

Dilanjutkan dengan karnaval di pusat kota Kebumen. Masyarakat juga bisa ikut berpartisipasi dalam karnaval tersebut.

Karnaval HUT RI ke-78 dan Hari Jadi ke 394 Kabupaten Kebumen digelar pada Minggu, 20 Agustus 2023. Rencananya start dari Stadion Candradimuka Kebumen mulai  mulai pukul 13.00 WIB.

Rute karnaval dari Stadion Candradimuka akan menyusuri Jalan Soekarno Hatta, depan Masjid Kauman Kebumen, depan Pendopo Kabumian dan finish di depan Rumah Dinas Wakil Bupati Kebumen.

Sementara untuk peringatan Hari Jadi ke-394 Kabupaten Kebumen, akan diselenggarakan beberapa kegiatan. Seperti ziarah ke makam leluhur para bupati Kebumen terdahulu.

Pelaksanaan peringatan Hari Jadi ke-394 Kabupaten Kebumen akan dipusatkan di Kecamatan Ayah. Nantinya di sana juga akan diumumkan pemenang lomba desa berhadiah 12 mobil, serta launching logo Kebumen TV.

"Untuk peringatan hari jadi saya harapkan berganti-ganti lokasi. nanti bisa bergilir di tiap kecamatan. Tahun kemarin di Prembun, tahun sekarang di Ayah dengan mengambil tema "Terus Bergerak untuk Kebumen Semarak," ujarnya.

Dikutip dari instagram resmi Pemkab Kebumen, berikut rangkaian kegiatan HUT RI ke-78 dan Hari Jadi ke-394 Kabupaten Kebumen:

Rabu, 16 Agustus 2023


1. Rapat Paripurna DPRD untuk mengikuti siaran langsung Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI tahun 2023.

2. Mendengarkan Siaran Langsung Pidato Presiden Republik Indonesia dalam Rangka Penyampaian RUU APBN Tahun Anggaran 2024 dan Nota Keuangan beserta Dokumen Pendukungnya pada Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR RI Tahun Sidang 2023-2034.

3. Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Tempat Makam Pahlawan Bumi Tirta Bhakti.

Kamis, 17 Agustus 2023


1. Pentas Seni Siswa Siswi TK/SD dan Karate Judo.

2. Pemberian Remisi.

3. Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di halaman Pendopo Kabumian.

4. Ziarah Nasional di TMP Bumi Wira Bhakti.

5. Pagelaran Wayang Golek di Pendopo Kabumian.

6. Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di halaman Pendopo Kabumian.

7. Penjamasan pusaka.

8. Resepsi dan Ramah Tamah Bupati dengan Anggota Paskibraka dan Penyerahan Piagam serta Tali Asih.

9. Yasinan dan Semaan Alquran.

Jumat, 18 Agustus 2023


1. Ziarah ke makam leluhur (Bodronolo, Bumidirjo, Kolopaking, dan Arungbinang).

Minggu, 20 Agustus 2023


1. Karnaval HUT RI ke-78 dan Hari Jadi ke-394 Kabupaten Kebumen.

Senin, 21 Agustus 2023


Upacara Hari Jadi ke-394 Kabupaten Kebumen di Pantai Logending Kecamatan Ayah. Peserta upacara akan memakai baju adat Jawa.

Itulah rangkaian kegiatan HUT RI ke-78 dan Hari Jadi ke-394 Kabupaten Kebumen.

***

Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>