Kebumen Raih Penghargaan Badan Publik Informatif 2023, Sukamto: Keterbukaan Informasi Makin Baik - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Kebumen Raih Penghargaan Badan Publik Informatif 2023, Sukamto: Keterbukaan Informasi Makin Baik

Kebumen Raih Penghargaan Badan Publik Informatif 2023, Sukamto: Keterbukaan Informasi Makin Baik
 Kepala Diskominfo Kebumen Sukamto (tengah) menerima penghargaan Badan Publik Informatif

INIKEBUMEN.net - Pemkab Kebumen berhasil meraih penghargaan Badan Publik Informatif dari Komisi Informasi  Provinsi Jawa Tengah.

Penghargaan diberikan dalam acara KIP Award bertajuk Malam Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik yang digelar di Hotel Patra, Kota Semarang, Kamis, 21 Desember 2023 malam.

Penghargaan diberikan oleh Komisioner Komisi Informasi Jateng kepada Kepala Dinas Kominfo Kebumen Sukamto.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana AS, Komisioner KI Pusat Handoko Agung Saputro.

Ketua Komisi Informasi Jawa Tengah Indra Ashoka Mahendrayana, para Bupati/Walikota se-Jawa Tengah dan Kepala OPD Provinsi dan pimpinan Badan publik lainnya.

Sukamto mengatakan pihakna patut bersyukur bisa meraih predikat Badan Publik Informatif 2023 dengan nilai 92,46. Sebab, pada 2022 lalu predikat Badan Publik Menuju Informatif.

"Status ini meningkat  dibanding tahun 2022 dengan predikat Badan Publik Menuju Informatif, dengan nilai kurang dari 90,00,” ujar Sukamto.

Dengan predikat informatif, kata dia, ini menandakan keterbukaan informasi publik Pemkab Kebumen semakin baik.

Masyarakat bisa dengan cepat dan mudah mengakses berbagai informasi pemerintah dari program-program atau kebijakan pemerintah.

Sukamto berharap pada tahun-tahun berikutnya, bisa mempertahankan predikat informatif dengan nilai yang lebih baik lagi.

Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana yang hadir dalam forum tersebut mengatakan bahwa penilaian keterbukaan informasi publik ini dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah, dan bisa menciptakan sistem pemerintahan yang baik.

“Dengan begitu, mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja pemerintah, dan pada akhirnya tercipta sistem penyelenggaraan negara yang baik (good governance)," kata Nana.

Sementara itu Ketua Komisi Informasi Provinsi Jateng, Indra Ashoka Mahendrayana mengatakan pada 2023 sudah melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap 295 badan publik di lingkungan Provinsi Jateng.

Mulai dari Pemerintah Daerah, OPD Provinsi, rumah sakit, badan publik vertikal, hingga BUMD dan Bawaslu serta KPUD.

Dalam monev tahun ini, penilaian pembaruan meliputi; inovasi, dan digitalisasi data yang mendukung kinerja badan publik dalam menyusun.

Kemudian, melaksanakan dan mengevaluasi kebijakan serta ketersedian dokumen pengadaan barang dan jasa menjadi poin penting dalam penilaian.

“Dengan prinsip ini, kami berharap keterbukaan informasi publik ini bisa bermanfaat luas bagi masyarakat,” tandasnya.

***

Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>