Revisi Hari Jadi Kabupaten Kebumen Dilakukan Tahun ini

www.inikebumen.net KEBUMEN - Pemkab Kebumen memberi sinyal akan merubah hari Jadi Kabupaten Kebumen tahun ini. Pasalnya, pada Senin 1 Agustus 2017 lusa, akan diselenggarakan Focus Group Duscussion (FGD) terkait hari jadi. Acara tersebut digelar di Ruang Jatijajar Komplek Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen pukul 13.00 WIB.

 Revisi Hari Jadi Kabupaten Kebumen Dilakukan Tahun ini
Makam Tumenggung Kolopaking di Desa Kalijirek, Kecamatan Kebumen, setiap memperingati Hari Jadi Kabupaten Kebumen, selalu dikunjungi oleh pejabat di jajaran Pemkab Kebumen.
Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kebumen, Asep Nurdiana, menjelaskan pada FGD lusa akan diambil keputusan tentang waktu pengganti Hari Jadi Kabupaten Kebumen yang selama ini diperingati. "Insya Allah, besok kita sudah sampai tahap pengambilan kesepakatan," ujar Asep Nurdiana, disela-sela acara pelepasan jamaah calon haji Kloter 11 asal Kabupaten Kebumen, di Gedung Pertemuan Setda Kebumen, Minggu (30/7/2017) pagi.

Nantinya setelah disepakati bersama, hasinya akan dimasukan ke dalam Naskah Akademik (NA) sebagai lampiran pada draft raperda yang akan diajukan ke DPRD Kebumen. "Ini perlu dilakukan sebelum secara resmi akan disampaikan oleh bupati kepada DPRD," imbuhnya.

Menurutnya, FGD tersebut digelar setelah dilakukannya penelusuran oleh peneliti Pusat Studi Kebudayaan UGM, sejak tahun 2016 lalu. Penetapan Hari Jadi Kabupaten Kebumen tanggal 1 Januari 1936, saat ini berdasarkan waktu penggabungan Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Kebumen.

Penetapan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Lembaran Negara Hindia Belanda Tahun 1935 Nomor 629 tertanggal 31 Desember 1935. Kemudian ditetapkan dengan Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 1990. Hingga saat ini menjadi polemik dan kontroversi di masyarakat Kabupaten Kebumen.

Pelaksaan hari jadi saat ini dinilai tidak tepat lantaran hanya mendasar pada keputusan pemerintah kolonial Belanda kala itu. Terdapat beberapa versi dinilai lebih tepat.(*)

Powered by Blogger.