Header Ads

6.236 Pelamar CPNS Kebumen Ikuti SKD di Magelang

www.inikebumen.net KEBUMEN - Sebanyak 6.236 pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemkab Kebumen yang dinyatakan lolos seleksi administrasi mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).
6.236 Pelamar CPNS Kebumen Ikuti SKD di Magelang
Peserta seleksi CPNS mengikuti tes SKD di Gedung Wiworo Wiji Pinilih Jalan Jenderal Sarwo Edhie Wibowo Nomor 37 Magelang, Sabtu, 9 November 2018.
Mereka mengikuti tes Computer Assisted Tes (CAT) di Gedung Wiworo Wiji Pinilih Jalan Jenderal Sarwo Edhie Wibowo Nomor 37 Magelang.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Kebumen, Supriyandono, mengatakan jumlah peserta SKD merupakan yang dinyatakan lolos seleksi administrasi. Yakni dari total 7.300 pelamar yang dinyatakan lolos administrasi sebanyak 6.236 pelamar.

Supriyandono, menjelaskan SKD dilaksanakan selama lima hari. Yakni mulai Sabtu hingga Rabu, 10-14 November 2018. "Kita mulai Sabtu sampai Rabu, semuanya diselenggarakan di Magelang," kata Supriyandono, Sabtu (10/11).

Dalam satu hari, lanjut Supriyandono, SKD digelar lima sesi, yang setiap sesinya diikuti oleh 270 orang. Hal ini lantaran komputer yang disediakan jumlahnya 270 unit.

Ia menambahkan, untuk melewati tahap SKD CPNS 2018, pelamar harus melewati angka passing grade yang telah ditentukan pada tiap jenis soal. Di soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP) pelamar CPNS 2018 harus meraih passing grade minimal 143.

Untuk Tes Intelegensi Umum (TIU), nilai minimalnya adalah 80. Sedangkan tes wawasan kebangsaan (TWK) nilai minimalnya adalah 75. Apabila pelamar CPNS 2018 tak mampu melewati batas nilai minimal itu maka mereka langsung dinyatakan gugur walaupun memiliki nilai total yang tinggi.

"Bagi yang dinyatakan lolos nantinya, mereka juga akan mengikuti Seleksi Kompetisi Bidang (SKB) yang juga menggunakan CAT," imbuhnya.

Dia berharap, para pelamar untuk mempersiapkan diri menghadapi seleksi lanjutan tersebut. Terlebih, tidak ada yang bisa menolong untuk lolos seleksi, kecuali peserta itu sendiri. "Dasarnya ya SKD ini. Kalau ini lolos, ya bisa lolos," ucapnya.

Untuk diketahui, Hingga penutupan, jumlah pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemkab Kebumen mencapai 7.300 orang. Penutupan pendaftaran CPNS sendiri dilakukan pada Senin (15/10) pukul 23.59 WIB. Sayangnya dari 488 formasi CPNS yang dibuka tidak semuanya diminati. Setidaknya masih ada 18 formasi yang nihil pelamar.

Adapun formasi yang nihil pelamar, diantaranya Dokter Spesialis Bedah (RSUD Dr Soedirman), Dokter Spesialis Anestesi (RSUD Dr Soedirman), Dokter Spesialis Anestesi (RSUD Prembun). Dokter Umum (Puskesmas Ayah 1), Dokter Umum (Puskesmas Buayan), Dokter Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi (RSUD Dr Soedirman).

Kemudian, Dokter Spesialis Bedah (RSUD Prembun), Dokter Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi (RSUD Prembun), Dokter Spesialis Anak (RSUD Prembun), Dokter Spesialis Penyakit Dalam (RSUD Dr Soedirman), Dokter Spesialis Radiologi (RSUD Prembun).

Selanjutnya, Dokter Spesialis Anak (RSUD Dr Soedirman), Dokter Spesialis Urologi (RSUD Dr Soedirman),  Dokter Umum (Puskemas Ayah 2), Dokter Umum (Puskemas Sadang), Dokter Spesialis Jantung (RSUD Dr Soedirman) dan Guru Kelas firmasi disabilitas (SDN Grogolpenatus Kecamatan Petanahan).

Pendaftaran seleksi CPNS Pemkab Kebumen dimulai pada 26 September sampai 15 Oktober 2018. Sepekan setelah itu dilaksanakan verifikasi melalui teknologi informasi.(*)

Powered by Blogger.