Jelang Puasa, Stok Darah PMI Bertambah 263 Kantong - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Jelang Puasa, Stok Darah PMI Bertambah 263 Kantong

www.inikebumen.net KEBUMEN - Untuk mengantisipasi menipisnya persediaan darah selama bulan Ramadan, PMI Kebumen menggelar kegiatan donor darah massal. Kegiatan bakti sosial itu diselenggarakan di Markas PMI Kebumen, Kamis (24/5/2017).

Jelang Puasa, Stok Darah PMI Bertambah 263 Kantong
Kapolres Kebumen AKBP Titi Hastuti, didampingi pengurus PMI Kebumen meninjau kegiatan donor darah di Markas PMI Kebumen, di Jalan Arungbinang Nomor 18 Kebumen, Kamis (24/5).

Sebanyak 300 peserta ikut ambil bagian dalam kegiatan itu. Namun, peserta yang bisa diambil darahnya sebanyak 263 orang. "Ada 37 peserta yang tidak bisa diambil darahnya karena tidak memenuhi kriteria," ujar staf PMI Kebumen, Muhammad Dulqoful, kepada inikebumen.net.

Menurutnya, tambahan stok darah tersebut cukup membantu Unit Donor Darah PMI Kebumen. Menyusul setiap memasuki bulan Ramadan, warga yang bersedia mendonorkan darahnya sangat sedikit.

"Sudah menjadi realita pada bulan puasa kebutuhan darah meningkat. Tapi pendonor darah sukarela yang mendonorkan darahnya menurun," jelasnya.

Dia mengungkapkan, saat ini UDD PMI Kebumen stok darah yang siap pakai sebanyak 80 kantong untuk darah golongan A. Kemudian untuk darah golongan B sebanyak 120 kantong, golongan O sebanyak 150 kantong dan AB sebanyak 40 kantong.

"Ini belum ditambah dengan stok darah dari kegiatan ini," imbuhnya.

Selain untuk mengantisipasi bulan Ramadan, lanjut dia, kegiatan tersebut juga sekaligus memeriahkan peringatan Hari Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional. Serta peringatan Hari Donor Darah Sedunia tahun 2017.(*)




Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>