Menjelang Puasa, Peziarah Padati Makam Lemah Lanang - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Menjelang Puasa, Peziarah Padati Makam Lemah Lanang

www.inikebumen.net KEBUMEN - Makam Lemah Lanang yang berada di perbatasan Desa Sumberadi dan Candimulyo, Kecamatan Kebumen, sejak dua minggu terakhir ramai dikunjungi peziarah.

Menjelang Puasa, Peziarah Padati Makam Lemah Lanang
Peziarah khusus berdoa di komplek Makam Lemah Lanang, di perbatasan Desa Sumberadi dan Desa Candimulyo, Kecamatan Kebumen.

Menurut warga setempat, makam pendiri Pondok Pesantren Al-Kahfi Somalangu, memang selalu ramai diziarahi setiap menjelang bulan puasa. Tak hanya dari Kebumen, yang datang ke makam tersebut juga banyak dari berbagai daerah.

"Kalau saya kesini setahun dua kali. Pas menjelang puasa sama pas Mulud," kata Farih, warga Wonosobo, yang berziarah ke tempat itu bersama keluarganya.


Makam tersebut kian ramai dikunjungi karena juga bersamaan dengan 542 tahun berdirinya Pondok Pesantren Al-Kahfi Somalangu. Meski sudah ratusan tahun wafat, namun almarhum penyebar Islam di tanah Jawa masih lekat di benak masyarakat.

Rangkaian ziarah diawali dengan ziarah ke Maqbaroh Ardhir Rijal (Makam Lemah Lanang). Tempat tersebut merupakan makam pendiri Pondok Pesantren Al- Kahfi Somalangu Sayid Muhammad Ngisom Al Hasani atau Sayid Abdul Kahfi Awal.

Ziarah di Lemah Lanang terdapat tiga makam. Selain Sayid Abdul Kahfi Awal juga ada makam Syeh Abdul Kahfi Sani dan Syeh Khanifudin, ayah dari KH Afifudin, pengasuh Pondok Pesantren Al-Kahfi Somalangu, saat ini.(*)
Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>