POB Pedalen, Tempat Ideal Untuk Melihat Hilal - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

POB Pedalen, Tempat Ideal Untuk Melihat Hilal

www.inikebumen.net AYAH - Pos Observasi Bulan (POB) Pedalen di Desa Argopeni, Kecamatan Ayah ternyata adalah salah satu tempat yang ideal untuk melakukan rukyatul hilal. Bahkan, hasil dari pengamatan bulan untuk menentukan awal Ramadan ditempat ini merupakan salah satu yang paling ditunggu oleh Sidang Isbat setiap penentuan awal Ramadan. Tak heran secara rutin, Badan Hisab dan Rukyat Daerah (BHRD) dari lima kabupaten menggelar rukyatul hilal di tempat ini.

 Pos Observasi Bulan (POB) Pedalen ramai dipenuhi peserta rukyatul hilal penentuan awal Ramadan 1438 hijriah, Jumat (26/5/2017) petang.
Tak banyak yang menyangka, rukyatul hilal yang dilakukan oleh Tim BHRD Kabupaten Kebumen di POB Pedalen merupakan rukyatul hilal yang paling ditunggu oleh Kementerian Agama RI untuk bahan Sidang Isbat setiap penentuan awal Ramadan. Oleh sebab itu, BHRD dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen setiap tahunnya wajib melakukan pengamatan bulan. Seperti yang dilakukan Jumat (26/5/2017) untuk menentukan awal Ramadan 1438 hijriah.
   
Tim Ahli BHRD Kebumen, Ma'rufin Sudibyo menuturkan, letak pengamatan bulan di POB Pedalen posisinya paling tinggi di Indonesia. Sehingga tempat ini dianggap sebagai tempat paling ideal melakukan rukyatul hilal.
   
Menurutnya, yang memiliki posisi tinggi untuk mengamati hilal itu ada di daerah bagian selatan dan barat daya. Yakni NTT, NTB, sebagian Sumatera dan Pulau Jawa. Termasuk di POB Pedalen ini.

Bahkan, bukan hanya BHRD Kebumen yang melakukan rukyatul hilal ditempat ini. BHRD dari kabupaten lain yang belum memiliki lokasi pengamatan hilal ideal juga melakukannya ditempat ini, seperti BHRD Cilacap, Banjarnegara, Wonosobo dan Purbalingga. Dikabarkan, BHRD Temanggung juga pernah melakukan rukyatul hilal disini.
Petugas BHRD menyiapkan teleskop sebelum rukyatul hilal dimulai
Kepala Seksi Penyelenggara Syariah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen, Khamid, mengatakan POB Pedalen merupakank satu diantara lebih dari 60 pos rukyatul hilal tingkaty nasional.

Juga satu dari delapan pos rukyatul hilal di Jawa Tengah. Yakni Masjid Agung Jawa Tengah, Pantai Karangjati Rembang, Pantai Kartini Jepara. Kemudian Batang, Tegal, Pekalongan dan Observatorium Pendidikan Ponpes Assalam Surakarta.

"Yang rutin disini rukyatul hilal penentuan awal Ramadan, idul fitri dan idul adha," kata Khamid.(*)
Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>