Hilal Terlihat 7 Derajat di POB Pedalen - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Hilal Terlihat 7 Derajat di POB Pedalen

www.inikebumen.net AYAH - Rukyatul hilal yang digelar di Pos Observasi Bulan (POB) Pedalen di Desa Argopeni, Kecamatan Ayah, Jumat (26/5/2017) berhasil melihat hilal sempurna. Bahkan ada tiga orang dapat melihat langsung posisi bulan muda, baik menggunakan teleskop maupun menggunakan mata telanjang.

Hilal Terlihat 7 Derajat di POB Pedalen
Peserta rukyatul hilal memantau bulan melalui teleskop di POB Pedalen, Jumat (26/5/2017) petang.


Tim ahli BHRD Kebumen, Ma'rufin Sudibyo menjelaskan, dirinya melihat posisi hilal berada 7 derajat dari puncak cakram matahari. Posisi tersebut dilihat menggunakan teleskop. "Tapi dari pengamatan menggunakan mata telanjang ketinggiannya sekitar empat derajat dari cakram  matahari," ujar Ma'rufin Sudibyo.

Dengan terlihatnya hilal dari POB Pedalen, Ma'rufin Sudibyo meyakini awala Ramadan 1438 hijriah jatuh pada 27 Mei 2017. Rukyatul hilal di POB Pedalen menggunakan bantuan alat optik teodolit dan teleskop semi otomatis.

Pengamatan itu dimulai pukul 17.32 hingga 18.02 WIB. Data hisab kontemporer menunjukkan matahari terbenam terjadi pada pukul 17.32 WIB, pada saat itu lama bulan diatas ufuk 40 menit. Sedangkan lebar sabit hilal 0,25 menit busur. Umur bulan 14,78 jam, dengan tinggi hilal diatas 8 derajat dari puncak cakram matahari.

Acara tersebut diselenggarakan oleh Badan Hisab dan Rukyat Daerah (BHRD) Kebumen bersama Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen dan Pemkab Kebumen. Kegiatan itu dilakukan untuk menentukan awal Ramadan 1438 hijriah.

Hadir pada Rukyatul Hilal tersebut, Kapolres Kebumen AKBP Titi Hastuti, Kepala Kantor Kemenag Kebumen Imam Tobroni, Asisten I Sekda Sabar Irianto, tokoh NU, Muhammadiyah dan LDII. Selain juga hadir pengurus MUI Kebumen, serta Tim BHRD Kabupaten Pubalingga, Wonosobo, Banjarnegara dan Cilacap.(*)
Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>