Ini Pesan Bupati untuk Direksi BUMD yang Baru Dilantik - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Ini Pesan Bupati untuk Direksi BUMD yang Baru Dilantik

www.inikebumen.net KEBUMEN - Tiga direksi BUMD perbankan telah dilantik dan diambil sumpahnya oleh Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad, di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Senin (5/6/2017).

Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad, membacakan naskah pelantikan tiga direksi PD BPR BKK Kebumen dan PD BPR Bank Kebumen.

Bupati Mohammad Yahya Fuad meminta tujuh permintaan kepada tiga direksi dalam menjalankan tugasnya. Pertamaterkait persaingan antar bank yang semakin ketat. PD BPR Bank Kebumen maupun PD BPR BKK Kebumen harus terus menjaga kepercayaan masyarakat.

Juga harus terus berinovasi dengan memberikan pelayanan terbaik, termudah dan tercepat kepada masyarakat. Terutama untuk sektor UMKM.

Kedua, terkait manajemen resiko. Bupati meminta ketiganya membentuk satuan kerja khusus yang menangani bidang manajemen resiko. Meliputi penanganan Kredit Non Lancar (NPL) pengelolaan likuiditas dan penanganan anti pencucian uang. Selain itu, pencegahan pendanaan terorisme.  "Jadi, dalam menjalankan operasional, bank harus teguh pada prinsip kehati-hatian," tegasnya.

Ketiga, perbaikan tata kelola perusahaan. Manajemen harus menerapkan tata kelola perusahaan yang baik. Dengan dilandasi oleh prinsip-prinsip transparansi, akuntabilitas, pertanggungjawaban, kemandirian dan kewajaran.

Keempat, perbaikan sistem dan budaya kerja. Direksi baru diharapkan dapat membangun kewibawaan lembaga melalui budaya kerja yang baik, penegakan disiplin dan pemberian reward and punishment secara proporsional.

Kelima, direksi harus mampu menguatkan fungsi kontrol manajemen melalui Satuan Kerja Audit Internal. Keenam, penerapan teknologi informasi. Harus selalu diupgrade, agar pemberian pelayanan kepada masyarakat dapat terlaksana dengan baik. Ketujuh, menjaga kebersamaan. Hindari konflik internal dan senantiasa menjaga soliditas pegawai.

Bupati juga meminta ketiganya mendukung penuh menyukseskan program kredit super cepat dan murah yang baru saja diluncurkan. Hal ini penting menyusul banyaknya pedagang kecil pasar yang terjerat utang dengan rentenir.

"Kalau hanya sekedar bunga murah itu biasa. Tapi ini juga harus cepat. Nah, ini yang jadi tantangan bagi direksi baru," tegas Yahya Fuad.

Direksi harus mampu menjawab peluang dan tantangan perusahaan. Seperti persaingan antar bank dan manajamen resiko. "Yang perlu diingat, seorang direksi memiliki tugas menyusun perencanaan, melaksanakan koordinasi dan pengawasan seluruh kegiatan operasional perusahaan," ujarnya.

Menurutnya, jajaran direksi merupakan unsur penting sebagai lokomotif perusahaan. Artinya bahwa direksi dituntut untuk dapat memainkan peran secara maksimal dan profesional.
   
Lebih jauh, bupati, menyampaikan dalam menjalankan kegiatan usahanya, PD BPR Bank Kebumen dan PD BPR BKK Kebumen mempunyai tugas untuk menghembangkan perekonomian, usaha mikro, kecil dan menengah. Serta menggerakan pembangunan daerah melalui kegiatan usahanya sebagai Bank Perkreditan Rakyat.(*)
Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>