Korban Kapal Tenggelam di Perairan Kebumen Berkurang Satu

www.inikebumen.net CILACAP - Jumlah korban kapal tenggelam di perairan Kebumen akhirnya terungkap, setelah korban selamat berhasil dievakuasi ke Pelabuhan Cilacap. Sebanyak 19 korban selamat langsung mendapat pemeriksaan kesehatan di RSUD Cilacap. Sedangkan satu korban hilang atas nama Hari (30), warga Kelurahan Sidakaya, Kecamatan Cilacap Selatan, hingga pagi ini belum diketahui keberadaannya.

Korban Kapal Tenggelam di Perairan Kebumen Berkurang Satu
Foto istimewa: Kapal nelayan "Berkah Melimpah Jaya 2" sudah berhasil dievakuasi dan saat ini telah bersandar di Pelabuhan Cilacap
Hari (30) sendiri tidak masuk dalam daftar manifes yang dikeluarkan Pelabuhan Perikanan Samudra Cilacap. Dia menggantikan Anak Buah Kapal (APB) Tri Wahyono. Berdasarkan daftar manifes yang dikeluarkan Pelabuhan Perikanan Samudra Cilacap, kapal Berkah Melimpah Jaya 2 dinakhodai Badri serta membawa 20 ABK yang terdiri atas Agus Nasianto, Sobirin, Yuda Mahendra, Rikun, Dwi Wahyudin, Suyatno. Kemudian, Suhendri, Dasum, Dwi B Wakhyar, Sunetim, Edi Widyanto, Suwito, Dalijan, Subandi, Haryono, Tri Wahyono, Efendi, Krisyanto, Pawiro Kusno, dan Triyono.

Namun, ABK atas nama Krisyanto seperti yang tercantum dalam daftar penumpang ternyata tidak ikut berlayar. Sehingga seluruhnya ada 20 orang termasuk nakhoda.
"Saat ini Basarnas bersama potensi SAR lainnya fokus terhadap pencarian korban hilang," ujar Koordinator Basarnas Pos SAR Cilacap, Mulwahyono.

Mulwahyono, menjelaskan 19 korban selamat setelah dievakuasi oleh kapal pencari ikan Colombus 2 yang kebetulan sedang berada di dekat lokasi kejadian. Selanjutnya bersandar di Dermaga Batubara, kompleks Dermaga Batre, Cilacap, sekitar pukul 15.30 WIB.

BACA JUGA:
> Kapal Nelayan Tenggelam di Selatan Kebumen, 20 ABK Selamat, Satu Masih Hilang 
> Gara-gara Jumat Kliwon, Lokasi Tenggelamnya Kapal Nelayan Belum Terdeteksi
> Ini Daftar Nelayan yang jadi Korban Kapal Tenggelam

Sebelumnya, sebuah kapal nelayan "Berkah Melimpah Jaya 2" dikabarkan tenggelam di perairan selatan Kebumen, Jumat (14/7/2017) sekitar pukull 11.00 WIB. Informasi yang berhasil dihimpun, kapal nelayan "Berkah Melimpah Jaya 2" berangkat dari Pelabuhan Cilacap sekitar pukul 10.00 WIB.

Rencananya, kapal yang dinahkodai oleh Badri akan berlayar menuju Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Kapal itu mengangkut nelayan asal Banyumas, Cilacap, Brebes, Purbalingga, dan Yogyakarta.

Sebelum berlayar kapal berbobot 29 Gross Ton (GT) dinyatakan layak berlayar oleh Syahbandar di Pelabuhan Perikanan Cilacap. Namun, setelah satu jam perjalanan kapal tersebut dikabarkan tenggelar di selatan Perairan Kebumen.(*)

Powered by Blogger.