Ombak Pantai Menganti Kian Diminati Peselancar - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Ombak Pantai Menganti Kian Diminati Peselancar

www.inikebumen.net AYAH - Ombak Pantai Menganti di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, kian diminati bagi para peselancar. Setiap akhir pekan para wisatawan, baik lokal maupun regional berdatangan ke Pantai Menganti guna bercumbu dengan ombaknya.

 Ombak Pantai Menganti Kian Diminati Peselancar
Peselancar asyik bermain selancar di Pantai Menganti Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah.
Tak hanya itu, pantai ini juga pernah dijadikan ajang lomba selancar nasional pada 2011 lalu. Ombaknya yang tidak seganas pantai pesisir selatan lain di pantai ini, karena lokasi pantai yang dikelilingi gunung karang dan kapur.

Salah satu peselancar di Pantai Menganti, Ferdi Aulia, mengatakan berbeda dengan ombak di pantai lain di Kebumen yang lokasinya berpindah-pindah. Tipe ombak di Pantai Menganti cenderung stabil dan tidak berubah-ubah. Hal ini lantaran Pantai Menganti menyerupai teluk yang dikelilingi bukit karang. "Menurut saya ombak di pantai ini berkelas dunia. Ini sangat layak dipromosikan ke dunia luar," ujarnya.

Untuk diketahui, Pantai Menganti dibuka untuk umum oleh pemerintah desa setempat pada awal 2011. Sebelumnya, lokasi ini hanya menjadi tempat pendaratan perahu nelayan. Selain pantai yang eksotis, terdapat terumbu karang, air terjun, dan goa di bibir pantai yang konon petilasan Maulana Malik Ibrahim, salah satu Wali Songo. Goa ini rutin dikunjungi peziarah pada hari-hari tertentu.

Kepala Dinas Kepemudaaan Olahraga dan Pariwisata (Dispora Wisata) Kebumen Azam Fatoni, menyambut baik adanya wahana selancar di Pantai Menganti. Azam Fatoni berpendapat, jika objek wisata hanya biasa-biasa saja akan sangat membosankan.

"Dengan adanya wahana surfing disana maupun wahana lain akan semakin menjadi daya tarik tersendiri," kata Azam Fatoni.

Meski kawasan Pantai Menganti dikelola oleh masyarakat setempat, kata Azam, Pemkab Kebumen memberikan dukungan dengan membangun infrastruktur pendukungnya. Seperti akses menuju objek wisata juga akan diperhatikan.

"Kami tidak mempermasalahkan itu dikelola desa atau pemda. Yang jelas ketika banyak orang masuk ke Kebumen sudah luar biasa. Berarti ada nilai tambah untuk kebumen," imbuhnya.(*)
Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>