Catat! Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019 Bisa Dilihat di Kebumen

Di Kebumen Gerhana Matahari Cincin akan mulai terjadi pada pukul 10.53 WIB.
Catat! Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019 Bisa Dilihat di Kebumen
Ilustrasi
www.inikebumen.net KEBUMEN - Gerhana Matahari Cincin akan terjadi pada Kamis, 26 Desember 2019 mendatang. Fenomena ini juga akan bisa dilihat di wilayah Kabupaten Kebumen.

Melalui akun media sosial Instagram BMKG Cilacap menjelaskan sebagian wilayah Indonesia akan mengalami gerhana matahari cincin. Termasuk wilayah Jawa Tengah.

"Secara umum di wilayah Jawa Tengah gerhana matahari mulai berlangsung pada pukul 10.50 hingga 14.30 WIB," tulis akun BMKG Cilacap di Instagram.
Gerhana Matahari Cincin (Foto: BMKG)
Gerhana Matahari Cincin (Foto: BMKG)
Gerhana matahari cincin secara umum terjadi dengan durasi selama kurang lebih 3,5 jam. Dengan magnitudo gerhana matahari secara umum 0,7.

Di Kebumen Gerhana Matahari Cincin akan mulai terjadi pada pukul 10.53. Kemudian, akan mengalami puncaknya pada pukul 12.45 WIB dan akan berakhir pukul 14.27 WIB.

Dikutip dari website www.bmkg.go.id, Gerhana Matahari Cincin terjadi ketika Matahari, Bulan, dan Bumi tepat segaris. Pada saat itu piringan Bulan yang teramati dari Bumi lebih kecil daripada piringan Matahari.

Akibatnya, saat puncak gerhana, Matahari akan tampak seperti cincin, yaitu gelap di bagian tengahnya dan terang di bagian pinggirnya.
Catat! Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019 Bisa Dilihat di Kebumen
Tangkapan layar Instagram BMKG Cilacap
Wilayah yang terlewati jalur cincin pada Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019 adalah Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab, Oman, India, Srilangka, Samudra India, Singapura, Indonesia, Malaysia, dan Samudera Pasifik.

Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019 ini dapat diamati di sedikit Afrika bagian Timur, seluruh wilayah Asia, Samudra India, Australia bagian Utara, dan Samudera Pasifik berupa Gerhana Matahari Sebagian.(*)
Powered by Blogger.