Untuk Mengurangi Anak Bermain Gadget, Polres Kebumen Dirikan Rumah Baca - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Untuk Mengurangi Anak Bermain Gadget, Polres Kebumen Dirikan Rumah Baca

"Ini juga untuk mengurangi anak-anak bermain gadget," kata AKBP Rudy Cahya Kurniawan
Anak-anak memadati Rumah Baca di Desa Lundong Kecamatan Kutowinangun (Foto: Humas Polres Kebumen)
www.inikebumen.net KUTOWINANGUN - Anak-anak Desa Lundong Kecamatan Kutowinangun Kebumen, kini memiliki rumah baca. Rumah baca ini dimanfaatkannya untuk belajar sambil menunggu waktu Adzan Maghrib setelah mengaji.

Adalah rumah Aiptu Muadin, Kasium Polsek Kutowinangun yang disulap menjadi taman baca bagi anak-anak di sekitar tempat tinggalnya.

Aneka jajanan pun disuguhkan ayah dua anak ini agar anak-anak semakin betah membaca di rumahnya yang dibuka mulai Senin, 9 Desember 2019.

Buku bacaan pun bervariasi. Mulai dari tentang cinta Pancasila hingga buku cerita bergambar disiapkan untuk menarik minta baca anak.

Rumah baca yang dibuat Aiptu Muadin adalah  gagasan Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan, sebagai penjabaran perintah Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel melalui program "Jogo Wargo Jogo Negoro".

Dari rumah baca ini pula diharapkan dapat mencegah paham radikalisme sejak dini karena banyak buku tentang kerukunan umat beragama di dalamnya.

Kapolres Kebumen mengungkapkan, rumah baca dalam rencananya akan dibuat sebanyak mungkin untuk merangsang minat baca anak-anak.

Dalam waktu dekat, seluruh Polsek akan membuat rumah baca di tempat-tempat strategis.

"Ini juga untuk mengurangi anak-anak bermain gadget. Rencananya akan kami buat rumah baca di banyak tempat, di semua Polsek jajaran Polres Kebumen. Melalui program rumah baca ini, kami berharap dapat menjadikan Polres Kebumen yang ramah, cerdas dan kondusif," jelas AKBP Rudy Cahya Kurniawan.

Ramah artinya Polres Kebumen selalu bersikap ramah kepada siapapun melalui kegiatan pendekatan kepada masyarkat.

Selanjutnya cerdas yang dimaksud adalah dapat mencerdaskan dan bersikap cerdas dalam menyelesaikan permasalahan. Kondusif yang dimaksud adalah setelan Polres Kebumen dekat dengan masyarkat, dapat tercipta situasi yang kondusif.

Selain di kediaman Aiptu Muadin, rumah baca juga dibuat di Balai Desa Kuwayuhan Kecamatan Pejagoan.

Pada saat peresmian rumah baca, Kapolsek Pejagoan AKP R Widiyanta dan Bhabinkamtibmas Polsek Pejagoan turut hadir  dalam acara tersebut.

Kapolsek mengemukakan, rumah baca itu dibuka untuk umum. "Semoga rumah baca ini bermanfaat bagi masyarkat luas. Kami berharap nantinya anak-anak akan gemar membaca," pungkasnya.(*)
Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>