Wow! Wajah Baru, Ada Tugu Lawet di Taman Kota Kebumen

Tamkot Kebumen tampil dengan wajah baru
Wow! Wajah Baru, Ada Tugu Lawet di Taman Kota Kebumen
Replika Tugu Lawet melengkapi Tamkot Kebumen
www.inikebumen.net KEBUMEN - Taman Kota Jenderal HM Sarbini (Tamkot Kebumen) telah selesai direhab. Rencananya, ruang publik ini akan diresmikan bersamaan dengan hasil pembangunan fisik lainnya pada Sabtu, 21 Desember 2019 mendatang.

Setelah selesai dibangun, taman kota yang menempati lahan seluas 750 meter persegi itu dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Diantaranya, replika miniatur Kota Kebumen seperti tugu lawet, rel kereta api, lampu lalu lintas (traffic light), jalan, trotoar hingga jembatan.

Bukan hanya itu, taman juga dilengkapi dengan gazebo, lampu penerangan hingga taman bermain. Setelah diresmikan, taman yang dibangun dengan konsep baru ini akan dibuka untuk umum.

Baca juga: Realisasi Dibawah Target, Bupati Kebumen Tegur Pelaksana Proyek Taman Kota

Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Dinas Perkim LH) Kebumen, Puguh Supriyanto, mengatakan meski dibangun baru, Tamkot Kebumen tetap mempertahankan fungsi edukasi keselamatan berlalulintas untuk anak-anak.

"Nantinya pengelolaan taman kota tidak lagi dipihakketigakan seperti sebelum dibangun kembali," ujarnya.

Menurutnya, Dinas Perkim LH Kebumen akan mengelola taman kota itu. Bahkan, nantinya pengunjung tidak dipungut biaya untuk masuk ke dalam taman.

Taman edukasi lalu lintas Taman Kota Kebumen dibangun dengan nilai kontrak mencapai Rp 1,5 miliar lebih. Proyek ini dikerjakan oleh CV Gatot Kaca, dengan konsultan perencana CV Indo Jaya Consultant dan konsultan pengawas PT Pandowo Mandiri Konsultan.

Sementara itu, Taman Kota Kebumen atau Taman HM Sarbini ditata ulang menjadi Taman Edukasi Lalu Lintas (Lalin). Taman tersebut juga dikonsep ramah difabel.

Taman yang difokuskan untuk anak-anak di bawah usia 13 tahun itu akan menjadi tempat rekreasi, edukasi sekaligus menjadi tempat bermain anak di Kebumen.(*)
Powered by Blogger.