Hujan Deras Guyur Kebumen, Sejumlah Wilayah Longsor, Banjir dan Pohon Tumbang - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Hujan Deras Guyur Kebumen, Sejumlah Wilayah Longsor, Banjir dan Pohon Tumbang

Peristiwa ini terjadi akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Kebumen pada Jumat 21 Februari 2020 mulai pukul 17.00 WIB hingga 21.00 WIB.
Hujan Deras Guyur Kebumen, Sejumlah Wilayah Longsor, Banjir dan Pohon Tumbang
Relawan memotong pohon tumbang
www.inikebumen.net KEBUMEN - Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Kebumen mencatat 4 titik tergenang banjir, 2 lokasi terkena longsor dan 4 lainnya terjadi pohon tumbang.

Peristiwa ini terjadi akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Kebumen pada Jumat 21 Februari 2020 mulai pukul 17.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Sejumlah lokasi yang tergenang banjir, yaitu diwilayah RT 05 RW 4 Gang Sindoro, Jalan Gereja, Gang Mawar Kelurahan/Kecamatan Gombong. Penyebabnya karena aliran anak Sungai Kawo meluap dan melimpas ke jalan. Dengan ketinggian muka air (TMA) 30 cm.

Kemudian, jalan di wilayah RT 03 RW 02, RT 02 RW 02, Gang Dieng Desa Wero Kecamatan Gombong meluap dijalan dengan TMA 50 cm. Bahkan air sempat masuk  ke dalam dapur rumah warga.

Akibat meluapnya aliran Sungai Wonokriyo melimpas ke pekarangan diwilayah Gang Bali RT 02 RW 03 Desa Wonokriyo Kecamatan Gombong dengan TMA 50 cm. Selanjutnya, akibat meluapnya aliran Sungai Karanganyar melimpas ke jalan dan permukiman warga diwilayah di Desa Plarangan Kecamatan Karanganyar dengan TMA 50 cm.

Selanjutnya terjadi tanah longsor di Jalan Karanganyar-Karanggayam di Dukuh Kaliterus Desa Karanggayam. Material longsor dan pohon tumbang menutup akses jalan dan menimpa jaringan PLN. Tanah longsor juga menimpa rumah Satiman, warga RT 08 RW 02 Desa/Kecamatan Karanggayam.

Sejumlah pohon tumbang terjadi di empat lokasi. Yaitu, di RT 01 RW 01 Desa Kalijaya Kecamatan Alian, menimpa jaringan PLN. Di Jalan Kemakmuran depan SMK Pelita Karanganyar, di RT 03 RW 06 Desa Gunung Mujil Kecamatan Kuwarasan yang menimpa rumah warga atas nama Yanto (51).

Selanjutnya, di Jalan Cincin Kota depan SMA Negeri 2 Kebumen dan menutup jalan. Kemudian di Jalan Kemangguan Desa Karangtanjung Kecamatan Alian dan menimpa jaringan PLN.

"Kita sudah tangani bersama relawan dan pihak terkait lainnya," ujar Humas BPBD Kebumen, Heri Purwoto.(*)
Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>