Pemkab Kebumen Gelar Sosialisasi Penyusunan Peta Proses Bisnis Instansi Pemerintah

"Pentingnya peta proses bisnis dalam penyelenggaran birokrasi yang efektif dan efisien," ujarnya.
Pemkab Kebumen Gelar Sosialisasi Penyusunan Peta Proses Bisnis Instansi Pemerintah
Peserta sosialisasi penyusunan peta proses bisnis instansi pemerintah.
www.inikebumen.net KEBUMEN - Pemkab Kebumen melalui Bagian Organisasi Setda Kebumen menyelenggarakan acara sosialisasi penyusunan peta proses bisnis instansi pemerintah.

Acara yang dibuka oleh Plt Asisten Administrasi Amin Rahmanurrasjid diselenggarakan di Hotel Mexolie Kebumen, Kamis, 27 Februari 2020.

Sosialisasi diikuti oleh para pimpinan Perangkat Daerah, Kepala Bagian, dan Camat di lingkungan Pemkab Kebumen.

Amin yang membacakan sambutan tertulis Bupati Yazid Mahfudz, menjelaskan yang dimaksud “proses bisnis” disini bukanlah suatu kegiatan pemerintah yang bernuansa ekonomi dan menghasilkan uang.

"Ini kurang tepat karena tujuan utama penyelenggaraan pemerintahan itu sendiri adalah nonprofit oriented," kata dia.

Ia mengatakan, peta proses bisnis sendiri merupakan aset terpenting organisasi untuk mengumpulkan seluruh informasi ke dalam satu kesatuan dokumen atau database organisasi. Hal ini sesuai Peraturan MenPAN-RB RI Nomor 19 Tahun 2018, tentang Penyusunan Peta Proses Bisnis Instansi Pemerintah.

"Pentingnya peta proses bisnis dalam penyelenggaran birokrasi yang efektif dan efisien," ujarnya.

Disamping itu, Peta Proses Bisnis mempermudah melihat potensi masalah yang ada dan yang akan muncul di dalam pelaksanaan suatu proses kegiatan sehingga solusi penyempurnaan proses lebih terarah dan tepat.

"Proses peta bisnis ini harus dilandaskan pada pencapaian reformasi birokrasi, dalam melakukan perubahan secara sistematik dan terencana, menuju tatanan administrasi pemerintahan yang lebih baik," terangnya.

Menurutnya, proses ini penting dan erat kaitannya dengan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Karena SAKIP akan baik jika proses kegiatan yang sistematis mulai awal hingga akhir juga baik.

"Proses bisnis ini memang hal yang baru di Kabupaten Kebumen, meskipun demikian saya harap seluruh OPD bisa segera menyesuaikan dan beradaptasi," imbuhnya.

Acara sosialisasi menghadirkan Martunis Tukiran sebagai narasumber. Dia merupakan Managing Director Magna Transforma dan Cognoscenti Consulting Group Jakarta.(*)
Powered by Blogger.