Raih Nilai 89.23, Kebumen Sabet Penghargaan Pengawasan Kearsipan dari ANRI

"Ke depan kita targetkan dapat meraih predikat AA atau memuaskan," kata Bupati Yazid Mahfudz.
Raih Nilai 89.23, Kebumen Sabet Penghargaan Pengawasan Kearsipan dari ANRI
Kebumen raih penghargaan atas prestasinya dalam pengelolaan arsip.
www.inikebumen.net SURAKARTA - Pemerintah Kabupaten Kebumen meraih penghargaan pengawasan kearsipan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) pada 2019. Kabupaten Kebumen meraih kategori “A” atau Memuaskan dengan nilai 89.23.

Penghargaan diterima langsung oleh Bupati Yazid Mahfudz, pada Rakornas Pengawasan Kearsipan dan Penerimaan Penganugerahan Pengawasan Kearsipan tahun 2019 di The Sunan Hotel Surakarta, Rabu, 26 Februari 2020.

Berdasarkan penilaian yang telah dilakukan sejak tahun 2017 tersebut, Pemkab Kebumen berhasil meraih peningkatan predikat yang cukup signifikan. Pada tahun 2017, pengelolaan arsip Pemkab Kebumen mendapat predikat Buruk dari hasil pengawasan kearsipan yang dilakukan ANRI.

Kemudian, 2018 meningkat menjadi predikat Baik dan pada 2019 berhasil naik kelas dengan mendapat predikat Memuaskan.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB) Nomor 30 Tahun 2018 Tentang Pedoman Evaluasi Reformasi Birokrasi Instansi Pemerintah, pengawasan kearsipan menjadi salah satu indikator penilaian ANRI dalam evaluasi reformasi birokrasi.

Adapun aspek penilaian yang diaudit di bidang kearsipan meliputi kebijakan kearsipan program kearsipan, pengelolaan arsip, kelembagaan, sumber daya manusia (SDM) kearsipan, serta prasarana dan sarana kearsipan.

Usai menerima penghargaan, Bupati Yazid Mahfudz mengapresiasi seluruh pihak yang telah bekerja dengan baik dan profesional. Sehingga mendapatkan penilaian yang memuaskan.

"Ke depan kita targetkan dapat meraih predikat AA atau sangat memuaskan," kata Bupati Yazid Mahfudz.

Menurutnya, arsip perlu dikelola dengan baik karena dapat menjadi acuan untuk menentukan kebijakan selanjutnya.
Raih Nilai 89.23, Kebumen Sabet Penghargaan Pengawasan Kearsipan dari ANRI
Bupati Yazid Mahfudz, menerima piagam penghargaan dari Menteri PANRB Tjahjo Kumolo
Yazid Mahfudz, juga mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kebumen dan OPD terkait yang sudah bekerja keras dan melakukan tata kelola kearsipan dengan sebaik-baiknya.

"Saya berterimakasih kepada seluruh tim kearsipan yang sudah bekerja keras dan mengelola arsip sebaik-baiknya. Mudah-mudahan ini menjadi modal yang baik untuk terus berkreasi dan berkarya dalam bidang kearsipan," tandasnya.

Turut mendampingi Bupati pada acara itu Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kebumen, Anna Ratnawati.

Acara itu juga dihadiri oleh sejumlah pejabat negara. Diantaranya Menteri PANRB Tjahjo Kumolo, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Plt Kepala ANRI M Taufik, serta Kementerian/Lembaga Negara, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota se Indonesia.(*)
Powered by Blogger.