Asyik! Tahun ini, Semua Ongkos Haji TPHD Kebumen Ditanggung APBD

Tahun ini ada 1.111 warga Kabupaten Kebumen akan melaksanakan ibadah haji yang akan mulai diberangkatkan pada 25 Juni 2020.
Asyik! Mulai Tahun ini, Semua Ongkos Haji TPHD Kebumen Ditanggung APBD
Ilustrasi
INI Kebumen, Kebumen - Mulai tahun ini, Tim Pendamping Haji Daerah (TPHD) Kabupaten Kebumen tidak lagi mengeluarkan biaya tambahan.

Semua ongkos haji para petugas yang bertugas membantu para jamaah dalam menjalankan ibadah haji ditanggung oleh Pemkab Kebumen.

"Kalau tahun lalu masih ada tambahan Rp 21 juta. Tahun ini semuanya ditanggung di APBD," kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kebumen, Wahib Tamam.

Wahib Tamam menjelaskan, biaya TPHD dan TKHD ditanggung sepenuhnya oleh APBD. Sehingga akan meringankan para petugas yang akan mendampingi jamaah haji di tanah suci.

"Untuk tahun ini kita anggarkan delapan TPHD, masing-masing dibiayai Rp 71 juta," ujarnya.

TPHD meliputi tiga kategori. Yaitu pelayanan umum, pembimbing ibadah, dan tenaga kesehatan. Untuk menjadi anggota TPHD harus mengikuti seleksi, dan lulus tahapan seleksi. Seperti seleksi administrasi, tertulis, wawancara hingga kesehatan jiwa.

"Syaratnya pendidikan minimal S1. Khusus untuk pembimbing haji, harus sudah pernah haji dan mempunyai sertifikat pembibing," bebernya.

Ia menambahkan, tahun ini ada 1.111 warga Kabupaten Kebumen akan melaksanakan ibadah haji. Kloter pertama asal Kabupaten Kebumen diberangkatkan mulai 25 Juni 2020.(*)
Powered by Blogger.