Kembali Bertambah, Pasien Positif Corona di Kebumen jadi 4 Orang

"Pasien sudah di Bogor dalam kondisi baik. Masa inkubasinya selama 14 hari juga sudah terlewati," tegasnya.
Kembali Bertambah, Pasien Positif Corona di Kebumen jadi 4 Orang
Dr Hasan Bayuni, saat memberikan keterangan pers
INI Kebumen, Kebumen - Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kebumen, mengumumkan pasien positif corona keempat di Kabupaten Kebumen. Pengumuman disampaikan di Posko Covid-19 Dinas Kesehatan Kebumen, Rabu, 15 April 2020.

Pasien tersebut seorang perempuan 48 tahun berinisial K. Warga Bogor ini sempat dirawat di RSUD Prembun dan kondisinya telah sehat. Bahkan, yang bersangkutan telah kembali ke Bogor, Jawa Barat.

Yang bersangkutan dinyatakan positif corona berdasarkan hasil uji laboratorium spesimen (Swab)dari Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta.

"Kami menerima hasil swab positif, hari ini, 15 April 2020," kata Anggota Bidang Hubungan Masyarakat Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan COVID-19 Kabupaten Kebumen, dr Hasan Bayuni, Rabu malam.

Hasan menjelaskan, sebelumnya pasien pulang kampung dari Bogor ke Prembun pada 16 Maret 2020 karena ayahnya meninggal dunia.

Pada 22 Maret, pasien mengeluhkan badan terasa lemas, batuk, pilek, sesak nafas, mual, muntah dan nafsu makan menurun. Kemudian, pada 26 Maret, pasien datang ke IGD RSUD Prembun dengan keluhan tersebut. Selanjutnya, dirawat di Bangsal Sakura, ruang isolasi khusus untuk pasien Covid-19.

"Pada 27 Maret muncul keluhan lain, berupa diare selain keluhan awal," ujar Direktur RS PKU Muhammadiyah Sruweng ini.

Setelah itu, pada 3 dan 4 April dilakukan pengambilan swab. Sehari kemudian, sampel tersebut dikirim ke BBTKLPP Yogyakarta.
Pada 4 April itu kondisinya membaik dan tidak ada keluhan. Yang bersangkutan  diizinkan pulang dengan edukasi isolasi mandiri selama 14 hari dan koordinasi dengan Puskesmas Prembun untuk pemantauan pasien di rumah.

"Pada 9 April, kontrol di RSUD Prembun dan kondisinya semakin membaik. Pasien pulang diberikan obat dan untuk tetap isolasi mandiri," bebernya.

Karena kondisi kesehatannya terus membaik, pasien terinformasi sudah pulang ke Bogor pada 14 April 2020. Baru, pada 15 April 2020  hasil swab diterima dari BBTKLPP Yogyakarta dan yang bersangkutan dinyatakan positif corona.

"Pasien sudah di Bogor dalam kondisi baik. Masa inkubasinya selama 14 hari juga sudah terlewati," tegasnya.

Perkembangan Covid-19 di Kebumen, hingga 15 April 2020 pukul 22.32 WIB, pasien positif corona sebanyak 4 orang. Dari jumlah itu 2 diantaranya meninggal dunia. Kemudian, Orang Dalam Pemantauan (ODP) 2.196 orang, 1.433 diantaranya selesai pemantauan dan 763 orang masih dalam proses pemantauan.

Selanjutnya, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 72 orang. Terdiri 21 orang masih dalam pengawasan, 22 selesai pengawasan, 28 negatif dan 1 orang meninggal dunia tanpa hasil lab.(*)
Powered by Blogger.