Pendaftaran Kartu Prakerja Lewat Prakerja.go.id

Yuh daftar
Pendaftaran Kartu Prakerja Lewat Prakerja.go.id
Pendaftaran Kartu Prakerja mulai dibuka sejak 11 April 2020
INI Kebumen, Kebumen - Pemerintah secara resmi membuka pendaftaran Kartu Prakerja mulai Sabtu, 11 April 2020. Pendaftaran Kartu Prakerja 2020 bisa dilakukan secara online di laman resmi Prakerja.go.id. Para peserta yang terdaftar akan menerima bantuan uang sebesar Rp 3.550.000 untuk biaya pelatihan dan insentif.

Syarat memperoleh Kartu Prakerja adalah Warga Negara Indonesia (WNI), usia minimal 18 tahun, dan sedang tidak mengikuti pendidikan formal. Dikutip dari laman Prakerja.go.id, program diprioritaskan untuk pengangguran muda.

Kartu Prakerja adalah program bantuan biaya pelatihan untuk meningkatkan kompetensi kerja, bukan untuk menggaji pengangguran.

Berdasarkan informasi dari pihak Project Management Office (PMO) program Kartu Prakerja, berikut ini 3 tahapan lengkap cara daftar Kartu Prakerja atau cara membuat Kartu Prakerja:

1. Membuat akun Prakerja
  • Masuk ke situs https://dashboard.prakerja.go.id/daftar jika anda kesulitan mengaksesnya, kemungkinan karena traffic situs yang tinggi karena banyak pendaftar. Disarankan mendaftar di malam hari saat traffic tidak terlalu tinggi
  • Masukan nama lengkap, alamat email, dan kata sandi baru
  • Cek email dari Kartu Pra Kerja dan ikuti petunjuk untuk konfirmasi akun email
  • Setelah konfirmasi akun email berhasil, kembali ke situs Prakerja
2. Isi data diri
  • Masuk ke akun dengan alamat email dan kata sandi yang baru dibuat
  • Masukan nomor KTP dan tanggal lahir, lalu klik “Berikutnya”.
  • Isi data diri dengan lengkap formulir kartu pra kerja (nama lengkap, alamat email, alamat tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status kebekerjaan, foto KTP, dan foto selfie dengan KTP), lalu klik “Berikutnya”
  • Masukan nomor telepon dan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS
3. Ikuti tes
  • Ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar selama 15 menit. Siapkan alat tulis dan kertas bila perlu
  • Tunggu email pemberitahuan dari Kartu Pra Kerja setelah menyelesaikan tes
  • Setelah mendapatkan email pemberitahuan, kembali ke situs, dan gabung ke gelombang pendaftaran.
4. Waktu Pendaftaran
  • Mulai 11 April 2020 sampai Minggu ke-4 November 2020
  • Gelombang Pertama Kamis 16 April 2020, pukul 16.00 WIB. 
  • Pengumuman Peserta yang lolos akan diumumkan pada Jumat 17 April 2020. (Jika gagal bisa ikut gelombang berikutnya) 
  • Jumlah Gelombang Pendaftaran sampai akhir 2020 ada 30 gelombang pendaftaran.
Setelah melewati tahapan cara mendapatkan Kartu Pra Kerja tersebut, peserta tinggal menunggu notifikasi apakah diterima atau tidak sebagai peserta Kartu Pra Kerja 2020.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Project Management Office (PMO) program Kartu Pra Kerja, Denni Purbasari mengatakan, program ini menyasar sekitar 5,6 juta peserta di tahun 2020. Orang yang sudah bekerja, karyawan dan korban PHK juga boleh mendaftar program Kartu Pra Kerja.

Para peserta yang terdaftar akan menerima bantuan uang yang akan diterima peserta bertahap dari sebelum hingga pelatihan kerja selesai dilakukan. Tranfer dana dilakukan via e-wallet yang nanti bisa didapatkan peserta.

Kartu Prakerja bukan kartu fisik. Melainkan sebuah kode unik 16 angka yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran pelatihan.

Bantuan ini hanya akan diberikan sekali seumur hidup untuk peserta. Kartu Pra Kerja 2020 bertujuan untuk mengembangkan kompetensi angkatan kerja, meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja.

Apabila dirinci, manfaat Program Kartu Prakerja 2020 yakni sebesar Rp 3.550.000. Terdiri dari bantuan pelatihan sebesar Rp 1.000.000 dan insentif paska pelatihan sebesar Rp 600.000 per bulan (untuk 4 bulan).

Lalu peserta Kartu Prakerja 2020 juga akan menerima insentif survei kebekerjaan sebesar Rp 50.000 per survei untuk 3 kali survei atau total Rp 150.000 per peserta.(*)
Powered by Blogger.