Tim Psychosocial PMI Kebumen Motivasi Pasien Sembuh dari Covid-19

Secara bertahap, PMI Kebumen akan memberikan pendampingan yang sama kepada pasien lainnya. 
Tim Psychosocial PMI Kebumen Motivasi Pasien Sembuh dari Covid-19
Tim Psychosocial PMI Kebumen saat mengunjungi pasien yang sudah sembuh dari Covid-19
INI Kebumen, KEBUMEN - PMI Kabupaten Kebumen melakukan pendampingan dan memotivasi pasien positif Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh.

Tim Psychosocial Support Program (PSP) PMI Kebumen mengunjungi salah satu pasien sembuh yang pulang  di Karangsambung, Rabu 27 Mei 2020.

Pengurus PMI Kebumen Mukshinun mengatakan kunjungan tersebut antara lain untuk memberikan motivasi kepada para pasien yang dinyatakan sembuh. Hal ini agar mereka bisa hidup normal seperti sediakala.

"Ada semacam rasa khawatir dikucilkan, saat seseorang dinyatakan terjangkit Covid-19 dan selama masa dirawat. Nah, ketika sembuh pun, belum tentu juga masyarakat bisa menerima langsung begitu saja. Hal ini bisa menyebabkan pasien sembuh bisa mengalami gangguan psychososial," katanya, didampingi Koordinator Tim PSP Muhamad Muslim Mustofa, Kamis 28 Mei 2020.

Muslim menambahkan, secara bertahap, PMI Kebumen akan memberikan pendampingan yang sama kepada pasien lainnya.

"Selain kepada penyintas, kami juga berikan edukasi kepada masyarakat sekitar agar tidak mengucilkan orang yang terkena covid-19 yang sudah dinyatakan sembuh. Yang dijauhi adalah virusnya bukan orangnya" katan Muslim.

Tim PSP PMI Kebumen juga memasang poster tentang stigma terhadap penyintas Covid-99 di tempat-tempat umum. Seperti masjid dan pos pos penjagaan Covid-19 desa.

Salah satu pasien sembuh, Marmo mengaku sangat terbantu dengan pendampingan dari PMI Kebumen.

"Dengan kunjungan ini saya tidak lagi punya rasa takut untuk bersosialisasi dengan warga di sini," tutur Marmo.(*)
Powered by Blogger.