pendaftaran mahasiswa baru UPB

Yuk! Perbaiki Arah Kiblat Besok 27 dan 28 Mei 2020

"Kamu tinggal meletakkan benda berbentuk batang secara tegak lurus lalu tandai arah bayangan yang dihasilkan menggunakan benang atau spidol. Arah kiblat yang benar adalah arah yang ditunjukkan dari ujung bayangan menuju batang," terang BMKG.
Yuk! Perbaiki Arah Kiblat Besok 27 dan 28 Mei 2020
Brigjen TNI Gathut Setya Utomo dan Bupati Yazid Mahfudz memasang karpet di Masjid Al Huda Kelurahan Panjer, Kecamatan Kebumen.(Ilustrasi)
INI Kebumen, KEBUMEN - Fenomena alam berupa matahari tepat berada di atas kabah di Kota Mekah Arab Saudi, Rabu-Kamis, 27-28 Mei 2020. Peristiwa ini menjadi waktu yang tepat untuk memperbaiki arah kiblat bagi umat muslim.

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) melalui akun instagramnya @infobmkg menginformasikan waktu yang tepat untuk mengukur ulang arah kiblat yakni pada 27 dan 28 Mei 2020 pukul 16.18 WIB.

"Kondisi seperti ini akan terulang tiap tahunnya pada tanggal 27-28 Mei dan 15-16 Juli," tulis @infobmkg.

Cara mengukur ulang arah kiblat di dalam bangunan yakni dengan mencari lokasi yang masih tersinari cahaya matahari. Misalnya jendela atau sudut bangunan.

Kemudian, cocokkan jam dengan waktu standar Indonesia di http://jam.bmkg.go.id. Tepat pada pukul 16.18 WIB, tandai bayangan sisi tegak jendela atau sudut bangunan yang jatuh dilantai dan tarik garis. Garis itulah arah kiblat yang tepat bagi bangunan itu.

"Kamu tinggal meletakkan benda berbentuk batang secara tegak lurus lalu tandai arah bayangan yang dihasilkan menggunakan benang atau spidol. Arah kiblat yang benar adalah arah yg ditunjukkan dari ujung bayangan menuju batang," terang BMKG.

Penyebab terjadinya fenomena tersebut adalah gerak semu tahunan matahari. Sebagai kombinasi perputaran bumi mengelilingi matahari dan miringnya sumbu rotasi bumi terhadap bidang tegaklurus ekliptika.

Kombinasi dua hal itu membuat posisi matahari nampak bergeser secara teratur diantara garis lintang 23,5 LU hingga 23,5 LS. Saat posisi matahari tepat senilai dengan lintang kabah (21° 25' LU), maka matahari akan tepat berada di atas kabah (tepat menempati titik zenith kabah) pada saat kulminasi atas terjadi.(*)
Powered by Blogger.