pendaftaran mahasiswa baru UPB

KKN Era Covid-19 di Kebumen, Mahasiswa UNS Produksi Face Shield

KKN di era pandemi Covid-19
KKN Era Covid-19 di Kebumen, Mahasiswa UNS Produksi Face Shield
Singgih Dwi Prasetyo, saat menyerahkan Face Shield buatannya. (Foto: Istimewa)
INI Kebumen, KEBUMEN -  Mahasiswa Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) di Kelurahan Panjer, Kecamatan Kebumen berhasil memproduksi  face shield (alat pelindung muka) menggunakan teknologi 3D printing.

Hasil produksinya disumbangkan ke Rumah Sakit Darurat Covid-19 Kebumen dan  warga RT 03 RW 07 Kelurahan Panjer.

Program KKN UNS Era Covid-19 dengan tema besar supporting keselamatan masyarakat terhadap Covid-19 dilakukan secara mandiri dan tidak berkelompok. Singgih Dwi Prasetyo mengikuti KKN di RT 03 RW 07

Kelurahan Panjer, Kecamatan Kebumen selama 44 hari. Yakni mulai 1 Mei hingga 13 Juni 2020, dengan dosen pembimbing Yayan Suherlan.

Singgih, menuturkan selama KKN dirinya berhasil membuat 30 buah face shield menggunakan teknologi 3D printing. Produksi face shield, kata dia, dilatarbelakangi dengan minimnya alat pelindung diri tersebut di Kebumen.

“Pembuatan dari proses desain, simulasi, printing, dan perakitan dilakukan secara mendetail sesuai dengan apa yang diperoleh di perkuliahan," ujar Singgih, Kamis, 25 Juni 2020.

Untuk mengedukasi masyarakat tentang penerapan teknologi 3D printing, dalam pembuatan face shield ini juga dibuatkan video pembelajaran. Video tersebut diunggah di kanal Youtube pribadinya.

"Hasil pembuatan disalurkan ke Rumah Sakit Darurat melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) dan masyarakat di RT 03 RW 07 Panjer," katanya.

Selain itu, Singgih juga aktif  membantu menyosialisasikan pencegahan Covid-19 dengan protokol kesehatan. Diantaranya semua warga wajib mengenakan masker, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir, serta jaga jarak atau social distancing.

Sosialisasi pencegahan Covid-19 juga dilakukan dengan cara menempelkan brosur-brosur di papan pengumuman, melalui media sosial juga secara rutin men-share informasi  secara daring (dalam jaringan) lewat Whatsapp (WA).(*)
Powered by Blogger.