pendaftaran mahasiswa baru UPB

Mulai Hari ini, Masjid Agung Kauman Kebumen Kembali Gelar Salat Jumat

Lansia dan anak-anak dibawah 12 tahun dilarang ke Masjid Agung
Mulai Hari ini, Masjid Agung Kauman Kebumen Kembali Gelar Salat Jumat
Petugas disiagakan di pintu gerbang Masjid Agung Kauman Kebumen.
INI Kebumen, KEBUMEN - Setelah ditutup sejak Maret lalu akibat pandemi Covid-19, Masjid Agung Kauman Kebumen dibuka kembali untuk umum mulai Kamis 11 Juni 2020.

Bupati Yazid Mahfudz, didampingi Forkompimda Kabupaten Kebumen membuka secara simbolis masjid ini. Selanjutnya, bupati dan rombongan bersujud syukur di dalam Masjid seraya berdoa agar status zero positif Covid-19 di Kebumen terus bertahan.

Pengurus Takmir Masjid Agung Kauman Kebumen, KH Moch Dawamudin Masdar, mengatakan setelah dibuka berbagai kegiatan akan mulai dilakukan di masjid itu. Khususnya salat wajib lima waktu berjamaah. Kemudian, salat jumat perdana akan dimulai Jumat, 12 Juni 2020.

"Kami menerapkan protokol kesehatan ketat. Ini semata-mata agar warga yang yang datang kesini dipastikan sehat," katanya.

Takmir Masjid Agung Kebumen, melalui maklumat protokol ibadah di Masjid Agung Kebumen yang dipasang di samping pintu gerbang Masjid Agung ada beberapa hal yang harus dipatuhi para jamaah selama pandemi Covid-19.

Diantaranya, jamaah diwajibkan memakai masker saat berada di lingkungan Masjid Agung Kebumen. Para jamaah membawa sajadah masing-masing. Kepada jamaah yang sedang sakit, diimbau untuk beribadah secara mandiri di rumah masing-masing.

Jamaah usia lanjut dan mempunyai sakit bawaan, serta anak-anak di bawah umur 12 tahun sementara dilarang masuk ke area Masjid Agung Kauman. Jamaah yang akan masuk ke kompleks Masjid Agung wajib dicek suhu tubuhnya oleh petugas kesehatan Klinik Masjid Agung Kebumen.

"Kalau ada warga dari luar daerah yang akan salat jumat disini, kami pisah tempatnya," imbuhnya.

Dioperasionalkannya kembali Masjid Agung Kauman Kebumen, setelah Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kebumen menyatakan zero positif corona.

Pembukaan ini, menjadi sinyal untuk masjid-masjid lain di zona hijau Covid-19 Kebumen untuk membolehkan jamaah salat dan salat Jumat.(*)
Powered by Blogger.