Apriliani, Mahasiswa KKN UNS Bantu KBM di Masa Pandemi Covid-19

"Anak-anak umumnya bosan di rumah karena harus mengerjakan tugas yang cukup banyak dari guru," terang Apriliani.
Mahasiswa KKN UNS Bantu KBM di Masa Pandemi Covid-19
Apriliani sedang memandu salah satu kelompok belajar siswa SD
INI Kebumen, ADIMULYO - Sekolah-sekolah di seluruh Kabupaten Kebumen diliburkan sejak 16 Maret 2020. Selanjutnya kegiatan belajar mengajar (KBM) sampai berakhirnya tahun ajaran 2019/2020 dilakukan secara daring.

Dalam situasi seperti itu mahasiswa FKIP UNS Prodi PGSD Kebumen melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desanya masing-masing.

Kendala belajar secara daring menjadi perhatian Apriliani Indah Sari yang melaksanakan KKN di Dusun Karangkambang, Desa Mangunharjo, Kecamatan Adimulyo. Dengan arahan Dosen Pembimbing Winarno SSi, MEng, Apriliani mencoba membantu mengantisipasi kendala belajar secara daring.

"Anak-anak umumnya bosan di rumah karena harus mengerjakan tugas yang cukup banyak dari guru," terang Apriliani.

Menurut Apriliani, di desanya belum bisa sepenuhnya dilaksanakan secara daring, sehingga yang dilakukan para guru memberi tugas kepada siswanya melalui pesan whats app kepada orang tua siswa.

"Karena tugasnya banyak, akhirnya malah jadi orang tua yang mengerjakan. Anak-anak banyak yang tidak mengerti materi pelajaran yang harus ia kerjakan," lanjut Apriliani.



Maka Apriliani kemudian membentuk kelompok belajar dengan anggota 3-4 anak. Kegiatan dilakukan di Aula Masjid Miftahul Huda, Mangunharjo, dengan mengikuti protokol kesehatan.

"Sebelum masuk anak-anak cuci tangan pakai hand sanitizer. Juga harus selalu menjaga jarak. Untuk mendisiplinkan pemakaian masker yang masih agak susah," lanjutnya.

Materi yang disampaikan Apriliani kepada anak-anak disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku.

Ayesha Kezia Naiyira siswi kelas V SD N Mangunharjo mengaku senang mengikuti kegiatan kelompok belajar yang dipandu Apriliani.

Orang tua Ayesha, Asri Ningsih malah berharap kegiatan kelompok belajar tetap dilakukan meski sudah masuk masa liburan.

"Semoga kegiatan kelompok belajar ini bisa membangkitkan semangat belajar anak-anak setelah libur lama karena efek covid-19," harapnya.(*)
Powered by Blogger.