KKN di Jerukagung Klirong, Mahasiswa UNS jadi Relawan Covid-19 - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

KKN di Jerukagung Klirong, Mahasiswa UNS jadi Relawan Covid-19

KKN UNS
KKN di Jerukagung Klirong, Mahasiswa UNS jadi Relawan Covid-19
Mahasiswa UNS, Subhan Ricky, KKN di Desa Jerukagung, Kecamatan Klirong. (Foto: Istimewa)
INI Kebumen, KLIRONG - Subhan Ricky, mahasiswa  Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) mengukuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Era Covid-19 di Dusun Kepek, Desa Jerukagung, Kecamatan Klirong. KKN yang dibimbingan oleh  Yayan Suherlan SSn. MSn,  berlangsung selama 45 hari, mulai 1 Mei hingga 14 Juni 2020.

"Kegiatan ini banyak terfokus kepada masyarakat umum yang belum sepenuhnya mengetahui dan memahami apa itu Covid-19," kata Subhan, Minggu, 5 Juli 2020.

Ada tema KKN yang diusung yakni Suporting Pemahaman Masyarakat Terkait Covid-19 Melalui Penyuluhan Online, Pemberdayaan Pemuda, dan Pendampingan Masyarakat Guna Mengantisipasi Penyebaran Virus di Dusun Kepek Desa Jerukagung.

Menurutnya, program KKN UNS Era Covid-19 dilakukan secara bertahap. Mulai dari edukasi via media sosial, penyebaran brosur kepada masyarakat.

Kemudian, pemasangan poster di tempat-tempat strategis, seperti mushola, pos ronda, dan warung-warung. Hingga pemasangan spanduk sebagai imbauan kepada masyarakat untuk saling menjaga dari virus corona.

"Kami juga melakukan pendampingan masyarakat untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan saat berkatifitas di luar rumah," ujarnya.

Subhan juga melakukan edukasi kepada masyarakat serta memfasilitasi untuk menerapkan budaya cuci tangan. "Memfasilitasi dan mengedukasi masyarakat untuk dapat menerapkan gerakan disinfektan mandiri di rumah masing-masing," imbuhnya.

Tak hanya itu, dirinya juga terlibat dalam pelaksanaan kegiatan Satgas Relawan Covid-19 Desa Jerukagung.

Berbagai kegiatan yang dilakukan, diantaranya penyemprotan disinfektan ke seluruh pemukiman warga dan fasilitas umum. Penyemprotan dilakukan secara berkala  2 kali dalam satu minggu, yakni  setiap Selasa dan Jumat.

"Kami juga ikut serta dalam pendataan kedatangan dan penjagaan posko tanggap Covid-19 di Balai Desa Jerukagung," kata dia.(*)
Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>