pendaftaran mahasiswa baru UPB

Massifkan Sosialisasi, KPU Kebumen Gelar Gathering dengan Media

Penyelenggaraan Pilkada dimasa pandemi membutuhkan keterbukaan dan volume informasi yang lebih luas. 
Massifkan Sosialisasi, KPU Kebumen Gelar Gathering dengan Media
Kegiatan gathering KPU Kebumen. (Foto: KPU Kebumen)
INI Kebumen, KEBUMEN - Peran media massa sangat krusial dalam penyebarluasan informasi tahapan pemilihan dan pendidikan pemilih bagi masyarakat.

Media massa sebagai pilar keempat demokrasi, mempunyai posisi yang strategis sebagai pengawas sekaligus pendukung dalam penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kebumen 2020.

Untuk memaksimalkan peran media massa dalam pelaksanaan Pilbup Kebumen 2020, KPU mengundang perwakilan media, baik cetak dan elektronik dalam kegiatan gathering di Kantor KPU Kebumen, Selasa 28 Juli 2020.

Dalam kegiatan ini dibahas terkait PKPU Nomor 5 Tahun 2020 tentang tahapan pilkada tahun 2020 dan PKPU Nomor 6 Tahun 2020 tentang pelaksanaan pilkada lanjutan di masa pandemi.

Sebagai informasi, saat ini KPU tengah melaksanakan tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih yang akan berlangsung hingga 13 Agustus 2020.

Anggota KPU Kebumen Divisi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Agus Hasan, mengatakan pendaftaran pencalonan yang akan dimulai pada 4- 6 september 2020.

"Sebagai langkah antisipasi, KPU juga telah melakukan koordinasi terkait pelaksanaan kampanye dengan stakeholder terkait. Khususnya membahas pelaksanaan kampanye dalam koridor protokol kesehatan Covid-19," katanya.

Menurut dia, penyelenggaraan Pilkada dimasa pandemi membutuhkan keterbukaan dan volume informasi yang lebih luas.

Hal ini demi tercapainya penyelenggaraan Pilbup Kebumen yang memenuhi prinsip kesehatan dan keselamatan bagi pemilih, peserta maupun penyelenggara Pilkada.

"Untuk itu, metode sosialisasi di masa pandemi ini lebih mengutamakan metode nir pertemuan dengan maksimalkan peran media baik media massa maupun media sosial," ujar Agus.

Pihaknya berharap mitra media dapat menyampaikan informasi secara berimbang dan transparan. Sekaligus menjadi saluran penghubung partisipasi masyarakat dalam mengawal penyelenggaraan Pilkada.

Sehingga tercipta iklim demokratis yang kondusif dan berkeadaban menuju Kebumen yang lebih baik.(*)
Powered by Blogger.