pendaftaran mahasiswa baru UPB

Operasi Patuh Candi Dimulai, Tak Menggunakan Helm Saat Naik Motor Bakal Ditilang

Cek Kembali Kelengkapan Berkendara Anda
 Operasi Patuh Candi Dimulai, Tak Menggunakan Helm Saat Naik Motor Bakal Ditilang
Apel gelar pasukan, Operasi Patuh Candi 2020 di Polres Kebumen. (Foto: Humas Polres Kebumen)
INI Kebumen, KEBUMEN - Terhitung hari ini, selama 14 hari ke depan dari tanggal 23 Juli sampai dengan 5 Agustus 2020, Polres Kebumen manggelar "Operasi Patuh Candi 2020".

Pada Operasi Patuh Candi tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Operasi digelar di tengah pandemi Covid-19 sehingga tidak hanya menertibkan pelanggaran lalu lintas namum juga menertibkan protokol kesehatan.

Dijelaskan Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan saat memimpin apel gelar pasukan, Operasi Patuh Candi 2020 adalah operasi terpusat yang diselenggarakan di seluruh Indonesia.

"Polri akan kembali memberlakukan tindakan hukum atau tilang kepada para pelanggar lalu lintas, dengan tujuan mengurangi angka kecelakaan di jalan raya, menekan pelanggaran lalu lintas, serta untuk keselamatan pengendara kendaraan bermotor itu sendiri," jelas AKBP Rudy membacakan amanat Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, Kamis 23 Juli 2020.

Ada tiga prioritas sasaran pelanggaran yaitu, pengendara sepeda motor yang tidak mengenakan helm, melawan arus lalu lintas, dan kelengkapan kendaraan.

Operasi Patuh tahun ini mengedepankan tindakan preemtif 40 persen, preventif 40 persen dan penegakan hukum 20 persen.

Selanjutnya penertiban protokol kesehatan pada operasi ini bukan tanpa alasan. Sebab sejak masa adaptasi kebiasaan baru, sebagian masyarakat mulai menjalankan kembali aktifitasnya seperti sedia kala.

Kondisi ini membuat lalu lintas kembali dipadati kendaraan umum dan pribadi.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun data jumlah pelanggaran lalu lintas pada semester I tahun  2020 sebanyak 675.446 pelanggaran. Jumlah tilang tahun 2020 sebanyak 435.860 lembar.

"Operasi Patuh ini juga sebagai persiapan menyambut Hari Raya Idul Adha pada tanggal 31 Juli nanti. Diharapkan dengan adanya operasi ini dapat menjaga keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas," pungkasnya.

Kapolres Kebumen berpesan kepada seluruh personel yang terlibat dalam operasi untuk selalu berdoa sebelum melaksanakan tugas. Ia juga berpesan agar operasi digelar mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan dengan berpedoman pada SOP.

Kepada masyarakat, AKBP Rudy berpesan untuk mengecek kembali kelengkapan berkendara serta menghindari sekecil apapun pelanggaran.

"Kami mohon dukungan kepada seluruh warga masyarakat Kebumen, untuk ikut mendukung operasi ini," tandasnya.(*)
Powered by Blogger.