pendaftaran mahasiswa baru UPB

Penderita Gangguan Jiwa dan Satu Balita di Kebumen Positif Covid-19

Balita Asal Puring ikut terpapar Covid-19
Penderita Gangguan Jiwa dan Satu Balita di Kebumen Positif Covid-19
ODGJ mengikuti rapid test di Rumah Singgah Dosaraso Kebumen

INI Kebumen, KEBUMEN - Kasus positif corona atau Covid-19 di Kabupaten Kebumen naik drastis, Jumat, 17 Juli 2020. Dalam sehari ada penambahan 12 kasus baru.

Salah satu pasien yang positif Covid-19 itu ternyata Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Koordinator Humas Gugus Tuga Percepatan Penanganan Covid-19 Cokro Aminoto, mengatakan pria 44 tahun berinisial NAS, merupakan warga Kecamatan Karangsambung.

"Yang bersangkutan saat ini dirawat di RSJ Soerojo Magelang," kata Cokro, dalam keterangan tertulisnya .

Sebelum dinyatakan positif, kata Cokro,  pada 7 Juli 2020  pasien pulang dari Jakarta, menunjukkan adanya gejala dengan riwayat demam, batuk, pilek. Dua hari kemudian, 9 Juli  2020 dirujuk ke Puskesmas Pejagoan.

Baca juga: Naik Drastis! Kasus Covid-19 di Kebumen Tambah 12, Total Jadi 63

Setelah dilakukan screening dan pemeriksaan menggunakan rapid test,  hasilnya menunjukkan reaktif. Selanjutnya pada hari yang sama, pada pukul 20.00 pasien dirujuk ke RSJ dr Soerojo Magelang.

"Di RSJ pada tanggal 10-11 Juli 2020 dilakukan pengambilan swab tenggorokan. Hasil lab-nya menunjukkan positif Covid-19," terangnya.

Selain ODGJ, salah satu pasien positif juga masih berusia dibawah lima tahun (Balita). Balita laki-laki tersebut berinisial HHA (4) warga Kecamatan Puring

"Sebelas pasien positif lainnya terdiri 4 orang petugas dan 7 orang adalah warga masyarakat, merupakan  kontak erat pasien yang masih di rawat," imbuhnya.

Kabar baiknya, ada satu pasien yang tadinya positif  dinyatakan sembuh.Yakni  FR (28) laki-laki, warga Kecamatan Kebumen. Selain itu juga ada 250 Pasien Dengan Pengawasan (PDP) dinyatakan negatif.(*)
Powered by Blogger.