Waduh! Bukit Batu di Jladri Hambat Proyek Jalur Pansela Kebumen

JJLS Tambakmulya-Karangbolong-Jladri

Waduh! Bukit Batu di Jladri Hambat Proyek Jalur Pansela Kebumen
JJLS di Desa Tambakmulya, Kecamatan Puring
INI Kebumen, KEBUMEN - Inilah Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) atau Jalan Pansela di wilayah Kabupaten Kebumen. 

Ruas Jladri-Karangbolong-Tambakmulya yang masih dalam proses pembangunan. Batu besar di Desa Jladri, Kecamatan Buayan yang sulit dihancurkan menjadi kendala pada proses pembangunan ruas ini. 

Hingga saat ini, para pekerja masih terus melakukan penggalian dan menghancurkan batu yang membelah bukit sepanjang 300 meter dengan menggunakan alat berat.

Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah 2 Jawa Tengah menargetkan seluruh batu tersebut selesai pada Desember 2020 mendatang. Sehingga dapat langsung diaspal. 

Ruas jalan sepanjang 4,226 kilometer ini ditargetkan selesai pada 15 Juli 2021 mendatang. Selain menggunakan jalan yang sudah ada (eksisting), JJLS pada Ruas Jladri-Karangbolong-Tambakmulya juga membuat jalan baru yang semula berupa rawa dan persawahan. 

Setelah pembangunan ruas ini selesai, akan dilanjutkan trase berikutnya. Yakni Jladri-Ayah via Londeng sepanjang 14,1 kilometer. 

Ruas ini akan melewati lima desa di dua kecamatan. Yaitu Desa Jladri, Kecamatan Buayan. Kemudian melintasi Desa Banjarharjo, Argosari, Kalipoh dan Desa Ayah di Kecamatan Ayah, 

Pemkab Kebumen juga mulai ancang-ancang akan melakukan pembebasan lahan untuk pembangunan jalan tersebut. 

JJLS merupakan jalur trans selatan Jawa yang melajur dari Jawa Barat hingga Jawa Timur dengan total panjang jalan 121,83 kilometer. 

JLSS di Kabupaten Kebumen total panjang mencapai 56 kilometer.Mulai dari Mirit hingga Kecamatan Ayah. 

Dari 56 kilometer itu, yang sudah terselesaikan pembangunannya sepanjang 38 kilometer.  Dari Sungai Wawar Mirit hingga Tambakmulya, Puring. Sisanya sepanjang 14,1 kilometer dari Jladri hingga Ayah ditargetkan selesai selama lima tahun mendatang.

JJLS sendiri berfungsi sebagai akses utama yang melintasi dan menghubungkan kawasan wisata di sepanjang Pantai Selatan Kebumen.(*)

Berikut video lengkapnya:


Powered by Blogger.