Keren, Kebumen Kini Punya Gedung Putih yang Megah - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Keren, Kebumen Kini Punya Gedung Putih yang Megah

Gedung Inspektorat Kebumen dibangun dengan anggaran  Rp 4,8 Miliar

Keren, Kebumen Kini Punya Gedung Putih yang Megah
Kantor Inspektorat terletak di Jalan Arungbinang Kebumen
INI Kebumen, KEBUMEN - Bupati Yazid Mahfudz, meresmikan Gedung Kantor Inspektorat Kabupaten Kebumen di Jalan Arungbinang, Jumat, 27 November 2020. 

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dilanjutkan pemotongan tumpeng oleh Bupati dan diserahkan kepada Inspektur Kabupaten Kebumen Dyah Woro Palupi.

Kepala DPUPR Kabupaten Kebumen Haryono Wahyudi, menjelaskan Kantor Inspektorat dibangun dengan dana APBD 2020 senilai Rp 4,8 miliar. Kantor yang semula kecil itu disulap menjadi Gedung Putih yang megah.

Kantor Inspektur merupakan pekerjaan yang paling awal dilelang sebelum tahun anggaran berjalan. Yakni pada Desember 2019 lalu. Sehingga bisa dikerjakan mulai bulan April 2020 dan pekerjaan fisik selesai pada 28 Oktober 2020.

"Ini adalah satu-satunya pekerjaan fisik yang tidak terkena rasionalisasi anggaran karena Covid-19. Karena lelangnya dilakukan sebelum tahun anggaran berjalan," kata Haryono Wahyudi.

Konsep desain Kantor Inspektorat Kebumen itu didasari pertimbangan agar menjadi kantor yang berwibawa. 

Ide awal pemilihan gedung warna putih itu dari  Sekretaris Inspektorat Kabupaten Kebumen Sukamto yang juga bergelar magister teknik perencanaan kota UGM. 

Adapun yang mendesain dari konsultan. Luas bangunan Kantor Inspektorat dua lantai itu untuk lantai satu 536 m2, lantai dua  476 m2.

Sukamto, menjelaskan filosofis warna putih pada kantor baru itu sesuai tupoksi Inspektorat. Yakni pihaknya harus mewujudkan good and clean government.

"Clean  atau bersih direpresentasikan warna putih. Putih juga berarti warna kejujuran," terang Sukamto.

Menurut Sukamto, kejujuran bagian dari integritas yang penting. Adapun jumlah staf Inspektorat Kebumen saat ini 41 orang. 

Idealnya minimal 85 orang sehingga masih kurang. Pihaknya sedang berbenah, mulai dari penataan gedung, kemudian SOTK akan diperkuat dengan menambah satu Inspektur Pembantu khusus/investigasi.

Gedung Putih Inspektorat Kebumen itu setelah difungsikan lantai satu untuk fasilitas ruang tamu yang nyaman, resepsionis, ruang konsultasi bagi OPD dan desa, ruang sekretariat dan ruang para Irban. Lantai dua ruang inspektur, ruang sekretaris, ruang rapat sedang, dan aula besar ukuran 17 x 15 meter.

Hadir pada peresmian itu, Inspektur Kabupaten Kebumen Dyah Woro Palupi, Kepala DPUPR Haryono Wahyudi, Plt Asisten 1 Sekda Amin Rahmanurrasjid, Staf Ahli Bupati, dan para pejabat di lingkungan Pemkab Kebumen.

Bupati menegaskaan Inspektorat selama ini telah menjalankan tugas fungsinya dengan baik dan profesional di Kabupaten Kebumen. 

"Saya mengharapkan dengan telah diresmikannya kantor yang baru ini dapat menjadi spirit baru untuk meningkatkan kinerja pegawai dan optimisme dalam melaksanakan tugas dan fungsi Inspektorat," kata Yazid Mahfudz.

Ia meminta agar gedung baru kantor Inspektorat ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin dalam penyelenggaraan pemerintahan. Terutama dalam pengawalan dana desa dan pengelolaan keuangan Kabupaten Kebumen. 

"Sehingga Kabupaten Kebumen mampu untuk mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK," ujarnya.(*)

Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>