Pamsimas Rampung, 5.300 Jiwa di Kebumen Nikmati Layanan Air Bersih

Pamsimas 26 Desa di Kebumen Diresmikan

Pamsimas Rampung, 5.300 Jiwa di Kebumen Nikmati Layanan Air Bersih
Sekda Kebumen meninjau proyek Pamsimas di Desa Jatimulyo, Kecamatan Petanahan.
INI Kebumen, PETANAHAN - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kebumen  Ahmad Ujang Sugino, meresmikan pembangunan program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) III tahun anggaran 2020. 

Acara tersebut digelar di Desa Jatimulyo, Kecamatan Petanahan, Rabu, 16 Desember 2020.

Peresmian ini ditandai dengan pemotongan tumpeng, serahterima sarana dan potong pita oleh Sekda Ahmad Ujang Sugiono.

Dalam sambutannya, Ahmad Ujang Sugiono yang mewakili Bupati Yazid Mahfudz  menyampaikan bahwa pamsimas merupakan salah satu program andalan pemerintah dalam penyediaan air bersih dan sanitasi bagi masyarakat perdesaan, melalui pendekatan berbasis masyarakat.

"Ini adalah hasil kerja keras bersama. Dengan adanya bantuan ini tentu sangat bermanfaat dan mendukung ketersediaan air minum yang berkesinambungan bagi masyarakat di Kabupaten Kebumen," katanya.

Menurutnya, tujuan program ini adalah meningkatkan jumlah warga masyarakat yang kurang terlayani. Termasuk masyarakat berpenghasilan rendah di wilayah pedesaan dengan sasaran wilayah yang belum memiliki cakupan pelayanan air minum yang bersih dan aman.

Ujang berpesan kepada masyarakat agar dalam pengelolaan dan pemanfaatan fasilitas ini dilakukan dengan baik. 

"Sehingga program ini benar-benar berdampak pada kualitas hidup dan kesehatan masyarakat," ujarnya.

Kepala Bappeda Kebumen Pudjirahaju, menjelaskan pada 2020 ini program Pamsimas di Kabupaten Kebumen dibangun di 26 desa. 

Meliputi desa reguler APBN sejumlah 12 desa, reguler APBD 4 desa, hibah insentif desa APBN sejumlah 6 desa dan hibah khusus Pamsimas APBD sebanyak 4 desa.

"Dengan total sambungan rumah (SR) yang terpasang di masyarakat saat uji fungsi sebanyak 1.179 unit SR dengan jumlah akses pemanfaat bertambah sebanyak 5.300 jiwa," terangnya. 

Pihaknya berharap jumlah SR dan pemanfaat akan terus bertambah seiring mulai dioperasikannya sarana yang telah terbangun.(*)

Powered by Blogger.