pendaftaran mahasiswa baru UPB

Ditengah Pandemi, 30 Mahasiswa IPB Gelar KKN Tematik di Empat Desa di Kebumen

Serah Terima Mahasiswa KKN Tematik IPB 2021 Dilakukan Secara Daring

Ditengah Pandemi, 30 Mahasiswa IPB Gelar KKN Tematik di Empat Desa di Kebumen
Tangkapan layar acara serah terima mahasiswa KKN Tematik IPB 2021

INI Kebumen, KEBUMEN - Sebanyak empat desa menjadi lokasi Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN T) mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) 2021. 

Yakni Desa Sidoharjo Kecamatan Sruweng, Desa Kedungwinangun Kecamatan Klirong. Kemudian, Desa Pejagatan Kecamatan Kutowinangun dan Desa Ngabean Kecamatan Mirit. 

KKN Tematik yang diselenggarakan mulai 28 Juni hingga 7 Agustus 2021 ini diikuti oleh 30 mahasiswa.

Para mahasiswa KKN Tematik itu diserahkan secara virtual, oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB Dr Ir Anna Fariyanti MSi.

Kemudian diterima oleh Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Siti Kharisah, Kamis, 1 Juli 2021. 

Untuk diketahui, KKN Tematik merupakan bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa hidup ditengah masyarakat di luar kampus. Yakni secara langsung bersama-sama masyarakat mengidentifikasi dan menangani masalah pertanian dalam arti luas, lingkungan serta masalah pembangunan lainya. 

Adapun tema program KKN Tematik IPB kali ini yaitu “Optimalisasi Pemanfaatan Sumberdaya Wilayah dan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Techno Socio Entrepreneurship Untuk Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sdg’s) Pada Masa Pandemi Covid-19”. 

Kegiatan KKN Tematik yang dilakukan ditengah pandemi Covid-19 harus menunjung tinggi protokol kesehatan yang ada untuk mencegah penularan virus yang tidak diinginkan. 

Siti Kharisah, mengatakan terkait penanganan pandemi Covid-19 ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan. Bukan hanya masalah kesehatan, tetapi juga ekonomi, pendidikan hingga ketahanan sosial.

"Untuk itu saya berharap kehadiran KKN Tematik IPB ini dapat memberikan sebuah solusi dan inovasi atas permasalahan yang ada," katanya.

Selain serah terima mahasiswa KKN Temati, pada kesempatan itu juga dilakukan kuliah pembekalan potensi wilayah dari perwakilan Bappeda Kabupaten Kebumen. Yang dilanjutkan pemaparan program kerja KKN Tematik IPB 2021 oleh masing-masing kelompok.(*)

Powered by Blogger.