UIN Raden Fatah Palembang Teken MoU dengan Pemkab Kebumen di Bidang Penguatan SDM - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

UIN Raden Fatah Palembang Teken MoU dengan Pemkab Kebumen di Bidang Penguatan SDM

"Karena itu, Kebumen menurut saya menarik sekali untuk dijadikan laboratorium penelitian untuk khazanah keilmuan bangsa," imbuhnya.

UIN Raden Fatah Fatah Palembang Teken MoU dengan Pemkab Kebumen di Bidang Penguatan SDM
Penandatanganan MoU antara UIN Raden Fatah dengan Pemkab Kebumen
INI Kebumen KEBUMEN - Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang, Sumatera Selatan menandatangi kerjasama dengan Pemkab  Kebumen terkait pengembangan sumber daya manusia di berbagai bidang.

MoU itu ditandatangani kedua belah pihak antara Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dan Rektor UIN Raden Fatah Prof Dr Nyayu Khodijah di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Selasa, 5 Oktober 2021.

"Sesuai bidang kita, Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pendidikan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Yang sudah berjalan di sini adalah penelitian dan pengabdian masyarakat, berupa penempatan KKN di Kebumen," ujar Rektor UIN Raden Fatah Prof Dr Nyayu Khodijah.|

Selain itu ada Bina Desa, pihaknya mendorong agar kepala desa bisa melanjutkan studinya di UIN Raden Fatah melalui program pembiayaan dari Kemendagri. Kemudian, pihak UIN Raden Fatah juga tertarik untuk pengembangan penelitian di Geopark Karangsambung dan Karangbolong.

"Kita kebutulan kan ada Distingsi untuk Kajian Sejarah Peradaban Islam Melayu. Di dalam wilayah Geopark, banyak juga situs-situs di Kebumen yang mungkin bisa menambah wawasan penelitian kita tentang peradaban Islam Melayu," ucapnya.

Menurutnya, Kebumen selalu menarik untuk dijadikan objek penelitian dari para ilmuan karena di tempat ini, kata dia, banyak kekayaan alam dan budaya yang belum sepenuh terungkap sejarahnya.

"Karena itu, Kebumen menurut saya menarik sekali untuk dijadikan laboratorium penelitian untuk khazanah keilmuan bangsa," imbuhnya.

Bupati menyambut baik kerjasama ini. Apa yang dilakukan UIN Raden Fatah dengan Pemerintah Kabupaten merupakan bentuk sinergitas antara kedua belah pihak dalam rangka pengembangan SDM. Bupati menyebut Kebumen juga memiliki SDM yang unggul di berbagai bidang.

"Alhamdulillah Kebumen banyak melahirkan tokoh-tokoh nasional. Ada yang jadi rektor di universitas ternama, banyak juga yang jadi jenderal. Pengusaha banyak, yang jadi Direktur perusahaan besar juga banyak. Nah bibit-bibit SDM ini harus dikembangkan melalui berbagai kerja sama," ujar Bupati.

Bupati menginginkan ke depan SDM dari Kebumen bisa lebih tersebar di berbagai penjuru negeri. Baik itu Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan juga Papua. Tujuannya untuk pemerataan dan sekaligus ikut memperkenalkan Kebumen kepada masyarakat luar.

"Jadi tidak hanya terpusat di Jawa, kita ingin ada orang-orang Kebumen yang punya SDM unggul di luar Jawa. Harapannya tentu, bisa memperkenalkan Kebumen ke masyarakat luar," terangnya.(*)

Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>