Keren, Buku ini Mengungkap Sejarah Masa Lalu Kebumen yang Jarang Diketahui

Buku ini ditulis sebagai sebuah kenang-kenangan mengenai keberadaan Karanganyar saat masih menyandang status kabupaten (1832-1935). 

Keren, Buku ini Mengungkap Sejarah Masa Lalu Kebumen yang Jarang Diketahui
Bedah buku Wetan Kali Kulon Kali.
INI Kebumen - Sebuah kota tidak ada begitu saja. Ada rangkaian peristiwa dan kekuatan agensi (baik individu maupun kelompok serta institusi) yang membentuk struktur sosial dan budaya serta politik sebuah kota.

Teguh Hindarto. menulis buku Wetan Kali Kulon Kali Mengenang Kabupaten Karanganyar Hingga Penggabungan dengan Kabupaten Kebumen 1936

Buku ini ditulis sebagai sebuah kenang-kenangan mengenai keberadaan Karanganyar saat masih menyandang status kabupaten (1832-1935). 

Struktur sosial dan dinamika sosial ekonomi menjadi fokus utama pembahasan dengan melakukan studi literatur dan analisis terhadap berbagai berita dalam surat kabar berbahasa Belanda yang melaporkan setiap aktivitas sosial ekonomi di Karanganyar dari masa ke masa, khususnya di era Tirtoekoesoemo (1902-1912) dan Iskandar Tirtoekoesoemo (1912-1935).

Mengapa memilih memfokuskan pembahasan Karanganyar di era Tirtoekoesoemo dan Iskandar Tirtoekoesoemo? Pertama, karena data-data mengenai mereka berdua begitu berlimpah di surat-surat kabar berbahasa Belanda sehingga membantu melaporkan dan merekonstruksi masa lalu Karanganyar. 

Sementara, beberapa bupati sebelumnya sangat minim datanya untuk dianalisis. Kedua, minimnya literatur sejarah yang membahas secara khusus mengenai mereka berdua, padahal prestasi dan peran keduanya sungguh luar biasa khususnya untuk masyarakat pribumi. 

Tirtoekoesoemo adalah Ketua Budi Utomo pertama dan Iskandar Tirtoekoesoemo pendiri rumah sakit pribumi bernama “Nirmolo” (sekarang Puskesmas Karanganyar). Itulah sebabnya melalui buku ini kinerja dan kontribusi kedua tokoh pemimpin Kabupaten Karanganyar ini harus diketahui masyarakat luas khususnya generasi muda di Kebumen dan Karanganyar agar tumbuh wawasan dan kesadaran historis mengenai masa lalu kotanya.

Melalui buku ini, penulis ingin menghubungkan setiap titik demi titik data peristiwa di Karanganyar dari setiap pembacaan artikel surat kabar semasa kolonial agar menjadi sebuah wajah kota yang dapat dilihat dan diketahui oleh pembaca masa kini.

Buku Wetan Kali Kulon Kali Mengenang Kabupaten Karanganyar Hingga Penggabungan dengan Kabupaten Kebumen 1936 ini diterbitkan oleh Penerbit Buku Pendidikan Deepublish.

Dapatkan buku-buku berkualitas hanya di Toko Buku Online Deepublish. Kami berfokus menjual buku-buku kuliah untuk Mahasiswa di seluruh Indonesia, dengan pilihan terlengkap kamu pasti mendapatkan buku yang Anda cari.

Untuk pemesanan buku silahkan klik link berikut:

Wetan Kali Kulon Kali 

Bukan Kota Tanpa Masa Lalu

Powered by Blogger.