Selamat, KPSPAMS Jati Tirto Jatijajar Raih Pamsimas Award Kementerian PUPR - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Selamat, KPSPAMS Jati Tirto Jatijajar Raih Pamsimas Award Kementerian PUPR

Kegiatan KPSPAMS “Jati Tirto” utamanya penyediaan air minum bagi warga melalui sistem perpipaan.

INI Kebumen AYAH - Kelompok Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (KPSPAMS) “Jati Tirto” Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah,  meraih  penghargaan “Pamsimas Award” Kategori Desa Tahun 2021 dari Kementerian  Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Penghargaan diserahkan oleh Direktur Air Minum Kementerian PUPR  kepada Sekretaris KP SPAMS Desa Jatijajar, Supriyanto, pada acara Rakornas Program Pamsimas III Tahun 2021 di Auditorium Kementerian PUPR Jakarta, Kamis, 25 November 2021.

Kepala Dinas Pekerjan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kebumen Haryono Wahyudi menjelaskan, KPSPAMS “Jati Tirto” terpilih menjadi yang terbaik karena keberlanjutan program air minumnya yang tetap terjaga dengan baik. 

Keberlanjutannya dalam aspek teknis, kelembagaan, keuangan, pelayanan yang adil dan melibatkan peran serta gender, serta aspek pelestarian lingkungan.

Kegiatan KPSPAMS “Jati Tirto” utamanya penyediaan air minum bagi warga melalui sistem perpipaan. Selain itu juga ada kegiatan penyediaan jamban dan septick tank yang bekerja sama dengan pemerintah desa.

Seketaris DPUPR Kebumen Sukamto menambahkan, kegiatan KPSPAMS Jati Tirto selama ini telah berhasil mengelola pelayanan air bersih ke rumah-rumah dan sudah memakai meteran air. 

Jumlah yang dilayani sudah cukup banyak, sekitar 500 rumah tangga lebih di Desa Jatijajar dan sekitarnya.

Secara manajemen, kelompok ini termasuk dalam kriteria sehat. Kemudian juga melakukan pelestarian lingkungan di sekitar sumber air di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah.

Bahkan, selain penyediaan air minum, juga dilengkapi sarana sanitasi berupa pembuatan jamban dan septic tank untuk warga, bekerja sama dengan pemerintah desa setempat.(*)

Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>