Pameran UMKM di Depan Pendopo Kabumian Diikuti 70 Peserta - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Pameran UMKM di Depan Pendopo Kabumian Diikuti 70 Peserta

Kegiatan seperti ini saya minta tidak hanya sekali, tapi rutin didakan di Kebumen. 

Pameran UMKM di Depan Pendopo Kabumian Diikuti 70 Peserta
Bupati meninjau stand pameran UMKM Kebumen.

INI KEBUMEN - Untuk mempromosikan hasil karya ekonomi masyarakat Kebumen, Pemerintah Kabupaten menggelar pameran usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di depan Pendopo Kabumian, pada Minggu 19 Desember 2021. Pameran ini diikuti sekitar 70 pelaku UMKM dengan 12 stand.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, menyatakan, salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mempercepat pemulihan ekonomi di masa pandemi saat ini  yakni dengan mendorong sektor UMKM melalui produk unggulan mereka agar terus dipromosikan.

"UMKM ini harus terus kita perkuat dengan mendorong agar produk unggulan mereka bisa terekspos ke masyarakat luas. Pameran ini salah satunya, kita hadirkan di sini agar masyarakat tahu bahwa Kebumen ini punya banyak produk unggulan yang sudah tembus ke pasar internasional," ujar Bupati di lokasi.

Bupati menyebut, sebagai langkah awal percepatan pemulihan ekonomi di Kebumen, maka pameran dari produk unggulan UMKM akan rutin diadakan. Bila perlu pemerintah siap memfasilitasi para UMKM ini untuk ikut dalam ajang pameran UMKM tingkat nasional.

"Kegiatan seperti ini saya minta tidak hanya sekali, tapi rutin didakan di Kebumen. Kita libatkan lebih banyak lagi pelaku UMKM untuk mengikuti pameran seiring melemahnya angka kasus Covid-19 di Kebumen. Pemerintah melalui wadah APKASI juga terus mendorong hasil produk UMKM kita dipamerkan tingkat nasional," terang Bupati.

Untuk mendukung percepatan pemulihan ekonomi, pemerintah kata Bupati juga sudah memberikan bantuan modal kepada para pelaku UMKM yang terkena imbas dari kebijakan PPKM. Misalnya bantuan untuk para pedagang di alun-alun Kebumen. Bantuan juga diberikan kepada 5.000 UMKM, di luar pedagang kaki lima.

Diketahui pameran UMKM ini digelar dalam sehari. Ada beberapa produk unggulan yang dipamerkan, di antaranya berupa produk kerajinan tangan, seperti keranjang, tas, batik tulis khas Kebumen, souvenir, kaos khas Kebumen, dan juga aneka macam makanan khas Kebumen.

Bupati yang didampingi istri Iin Windarti juga turut belanja atau membeli produk UMKM yang dipamerkan berupa tas gendong, batik, dan juga souvenir. Demikian juga sejumlah pimpinan OPD yang lain. Pameran ini juga terlihat ramai dikunjungi masyarakat.(*)

Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>