Setelah 11 Tahun Rusak Diterjang Bencana, Jembatan Penghubung 3 Kecamatan Diresmikan - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Setelah 11 Tahun Rusak Diterjang Bencana, Jembatan Penghubung 3 Kecamatan Diresmikan

Pembangunan jembatan ini menelan biaya Rp 2.359.000.000, dengan anggaran dari APBD Kebumen tahun 2021. 

Jembatan Penghubung 3 Kecamatan Diresmikan Setelah 11 Tahun Rusak Diterjang Bencana
Inilah jembatan penghubung 3 kecamatan yang baru diresmikan Bupati Kebumen.
INI KEBUMEN - Bupati Kebumen Arif Sugiyanto  meresmikan Jembatan Teteg Kotasari di Desa Rowosari, Kecamatan Bonorowo, Senin, 13 Desember 2021. Jembatan ini dibangun setelah 11 tahun rusak karena diterjang banjir.

"Sudah 11 tahun jembatan di sini rusak, tiangnya miring karena banjir besar. Saya ke sini sudah 2 kali dan melihat langsung kondisinya. Memang masyarakat sangat membutuhkan jembatan ini untuk aktifitas, alhamdulillah pada tahun ini  kita bisa bangun," kata Bupati Arif, usai meresmikan jembatan.

Ini adalah jembatan ke 5 yang dibangun pada 2021. Belum lama ini, Bupati sudah meresmikan 4 jembatan, yakni Jembatan Merah Putih di Desa Kaligending-Karangrejo, Kecamatan Karangsambung-Karangayam, Jembatan Sawangan di Desa Glontor, Karanggayam, Jembatan Kesabaran di Desa Kalibening, Karangayam, dan Jembatan Kali Trenggulun di Purwodadi, Kuwarasan.

"Jembatan ini merupakan akses transportasi yang sangat vital bagi masyarakat Desa Rowosari dan desa-desa sekitarnya. Sekaligus penghubung kecamatan Bonorowo, Mirit dan Prembun," ujarnya.

Dengan jembatan baru yang dibuat dari anggaran BPBD ini, Bupati berharap bisa semakin memperlancar aktivitas warga dan bisa mendongkrak perekonomian masyarakat. Bupati menyebut target infrastruktur pada 2022 nanti masih seputar pembangunan jalan dan jembatan.

Sementara itu, Kepala BPBD Munadi menambahkan, pembangunan jembatan ini menelan biaya Rp 2.359.000.000, dengan Sumber Anggaran dari APBD Kabupaten Kebumen tahun 2021. Pembangunan dimulai sejak Juni-November 2021 sesuai perjanjian kontrak.

"Sebelumnya BPBD pernah membangun fasilitas yang sama dengan biaya APBD Kabupaten Kebumen yaitu Jembatan Jintung Tahun 2018, Ayam Putih Buluspesantren Tahun 2019, Jatiroto Kec. Buayan Tahun 2020 dan Rehabilitasi Jembatan Ngasinan Tahun 2021," ujarnya.

Sedangan jembatan yang pernah di bangun dengan Bantuan BNPB yaitu Jembatan Tlepok Kec. Karangsambung Tahun 2011, Jembatan Karangsari Kec. Buayan Tahun 2011, Jembatan Cangkirng Kec. Sadang Tahun 2016 dan Jembatan Ngabean Kec. Ambal Tahun 2021.

Selain meresmikan jembatan pada kesempatan itu, Bupati juga meresmikan Gedung Pusat Pengendali dan Operasional Pengurangan Bencana (Pusdaolps PB) BPBD, sekaligus meresmikan Kios BUMDes Mekar Jaya, Desa Rowosari, serta membagikan sertifikat tanah dari BPN kepada masyarakat.(*)

Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>