PWI Kebumen Goes to Campus, Ajak Mahasiswa Cerdas Bermedia Sosial - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

PWI Kebumen Goes to Campus, Ajak Mahasiswa Cerdas Bermedia Sosial

Rangkaian HPN PWI Kebumen 

PWI Kebumen Goes to Campus, Ajak Mahasiswa Cerdas Bermedia Sosial
PWI Kebumen Goes to Campus, Ajak Mahasiswa Cerdas Bermedia Sosial
INI KEBUMEN - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kebumen menggelar kegiatan bertajuk PWI Kebumen Goes to School, Campus & Pesantren. Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2022 dan HUT ke-76 PWI.

Salah satunya PWI Kebumen menyambangi kampus Universitas Putra Bangsa (UPB) Kebumen, Rabu, 2 Maret 2022.

Hadir Panasihat PWI Kebumen Drs Komper Wardopo MPd dan Ketua PWI Kebumen Supriyanto yang menjadi narasumber.

Kegiatan diikuti sekitar 40 aktivis mahasiswa perwakilan dari sejumlah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Hadir pula dosen sekaligus pembina UKM Jurnalistik Dani Rizana MPd MM,  serta pembina UKM Olahraga Eko Wardoyo SE MM.

Selain diikuti mahasiswa secara luring, kegiatan tersebut juga diikuti oleh mahasiswa secara daring melalui Zoom Meeting. Kegiatan disiarkan secara live streaming melalui kanal Youtube UPB Kebumen.

Dalam kesempatan itu, Komper Wardopo membedah Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers. Wartawan senior ini menyampaikan asas, fungsi, hak, kewajiban, dan peranan pers.

Selain itu, mantan wartawan Suara Merdeka yang menjadi dosen IAINU Kebumen itu juga menerangkan mengenai sejarah dan eksistensi organisasi pers termasuk PWI.

Sementara Ketua PWI Kebumen Supriyanto membahas bagaimana menggunakan media sosial secara cerdas dan bijak. Di tengah maraknya hoaks di internet, wartawan Suara Merdeka itu memberikan panduan kepada para mahasiswa memilih dan memilah informasi yang sehat untuk dikonsumsi.

Tidak hanya itu, dia mengajak kepada para mahasiswa memahami betul isu-isu yang muncul di media baik politik, sosial, budaya, sebelum menyampaikan pendapat di sosial media. Selain itu, dia juga mengajak mahasiswa untuk memproduksi konten-konten yang positif di sosial media.

"Di era disrupsi media seperti saat ini penting memberikan pemahaman literasi kepada para mahasiswa. Sebagai kaum intelektual muda, mahasiswa jangan sampai terseret arus polariasi kelompok baik politik maupun agama sebagai dampak sosial media," ujarnya seraya menyebutkan polarisasi kelompok  ini sangat rawan memincu perpecahan bangsa.

Pembina UKM Jurnalistik Dani Rizana MPd MM mengapresiasi kegiatan PWI Kebumen Goes to Campus. Melalui kegiatan itu, para mahasiswa mendapatkan pengetahuan baru terkait Undang-undang Pers, organisasi pers, serta mendapatkan panduan bagaimana cerdas dan bijak dalam bermedia sosial.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para mahasiswa. Kami berharap kerjasama seperti ini akan terus berlanjut," ujar Dani Rizana.

Selain dilaksanakan di UPB, pada hari yang sama kegiatan PWI Kebumen Goes to School juga digelar di SMK Maarif 1 Kebumen. Sebagai narasumber wartawan Suara Merdeka Arif Widodo MIKom. Berikutnya kegiatan serupa akan dilaksanakan di SMA Negeri 2 Kebumen dan Universitas Muhammadiyah Gombong (UNIMUGO).

Ketua Panitia HPN Kebumen M Tohri menyampaian dalam rangkaian HPN 2022 tingkat Kebumen dan HUT ke-76 PWI sejumlah kegiatan telah digelar mulai dengan ziarah kubur ke makam wartawan yang telah mendahului, tasyakuran HPN 2022 "PWI Kebumen Bersholawat", Bakti sosial dan santunan anak yatim "PWI Kebumen Jogo Tonggo", dan Fun Futsal.

Adapun puncak kegiatan akan digelar Resepsi HPN 2022 Tingkat Kebumen dan Sarasehan yang akan dilaksanakan pada 10 Maret 2022. Sehari sebelumnya akan digelar orientasi bagi calon anggota PWI Kebumen.
    
"Sarasehan akan menghadirkan pembicara Ketua PWI Jateng H Amir Machmud Ns dan Dosen Fisipol UGM Nyarwi Ahmad SIP MSi PhD," ujarnya.(*)

Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>